Bagus Pratama, Harry and Harsani, Prihastuti and Prajuhana Putra, Agung
  
(2024)
Virtual Reality Fakultas FMIPA Universitas PAKUAN.
Dibawah bimbingan Dr Prihastuti Harsani, M.Si dan Agung Prajuhana Putra, M.Kom
Lingkungan kampus mencakup hubungan antara kampus dan masyarakat sekitarnya, 
termasuk dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan yang dimiliki oleh institusi 
pendidikan tinggi tersebut. Secara keseluruhan, lingkungan kampus adalah ruang 
tempat mahasiswa belajar, berkembang, dan berinteraksi, serta menciptakan 
pengalaman yang memengaruhi pertumbuhan pribadi dan akademik mereka. Dalam 
memperkenalkan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru, sangat penting untuk 
memastikan bahwa mereka dapat mengenalinya sebelum benar-benar memasuki area 
kampus. Namun, hal ini menjadi tidak efisien terutama bagi mahasiswa yang tinggal 
jauh karena mereka memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengunjungi kampus 
Universitas Pakuan. Oleh karena itu, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) oleh 
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Pakuan dapat 
membantu mempersingkat proses pengenalan lingkungan kampus dengan cepat dan 
mudah. Dengan kehadiran teknologi Virtual Reality ini, pengetahuan mahasiswa dapat 
ditingkatkan serta memperkenalkan pengalaman Virtual Reality dari Universitas 
Pakuan kepada calon mahasiswa baru. Ini sangat berguna karena seringkali calon 
mahasiswa baru masih bingung ketika mereka pertama kali berada di lingkungan 
kampus. Dengan menggunakan Virtual Reality, pemahaman mengenai lokasi jalan dan 
posisi setiap ruangan serta bangunan di Universitas Pakuan, khususnya gedung MIPA 
1 dan MIPA 2, dapat ditingkatkan. Adapun hasil penilaian dari 50 responden terhadap 
Virtual Reality Fakultas MIPA Universitas Pakuan dengan 30 pertanyaan 
menunjukkan bahwa secara keseluruhan mencapai 85,54%, dan kategori yang 
diperoleh adalah "SANGAT LAYAK”, dan Penilaian dari dua ahli multimedia, yaitu 
Muhammad Iqbaludin dan Wendys Dwi Aprilian, terhadap Virtual Reality dengan 
menggunakan 15 pertanyaan, menunjukkan nilai sebesar 95,41% dan termasuk dalam 
kategori "SANGAT LAYAK”.
Kata kunci : Virtual Reality Universitas Pakuan.
    Skripsi thesis, Universitas Pakuan.