eprintid: 9856 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 46 dir: disk0/00/00/98/56 datestamp: 2025-08-05 02:47:03 lastmod: 2025-08-05 02:47:38 status_changed: 2025-08-05 02:47:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Qur’ania, Arie creators_name: Maryana, Sufiatul creators_NPM: 0427047601 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Qur'ania, Arie contributors_name: Maryana, Sufiatul contributors_NIDN: 0427047601 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Matematika dan Ilmu Pnegetahuan Alam corp_creators: Program Studi Ilmu Komputer title: APLIKASI MEDIA PENGENALAN TOKOH WAYANG KULIT DENGAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID ispublished: pub divisions: sch_ecs full_text_status: none abstract: APLIKASI MEDIA PENGENALAN TOKOH WAYANG KULIT DENGAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID Chandra Eka Surya¹, Arie Qur’ania², Sufiatul Mariana³. Email : chandraekasurya01@gmail.com ¹¸²¸³Program Studi Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Pakuan Jl. Pakuan PO Box 452, Bogor, 16143, Jawa Barat Indonesia ABSTRAK Augmented reality merupakan teknologi yang berkembang di dunia, menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tiga dimensi biasa disingkat 3D atau disebut ruang, adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang lebar, dan tinggi. Istilah ini biasanya digunakan dalam bidang seni, animasi, komputer dan matematika. Perkembangan teknologi Augmented reality telah diterapkan dalam beberapa bidang keilmuan seperti pada kedokteran, industri, pembelajaran dan lain sebagainya. Augmented reality untuk memvisualisasikan benda maya kedunia nyata secara realtime (langsung). Maka berawal dari permasalahan tersebut penulis memilih judul ini karena penulis ingin memberikan sebuah solusi untuk permasalahan diatas. Disini penulis akan memberikan sebuah inovasi dengan menggabungkan gambar 2D konvensional yang akan digabungkan dengan teknologi 3D Augmented Reality yang dikemas dalam sebuah aplikasi berbasis android yang lebih menarik dan imajinatif sehingga dapat digunakan sebagai media pengetahuan yang lebih interaktif dan menarik. Kata Kunci : Digital learning, Augmented Reality, Multimedia Development Life Cycle. date: 2021-08-05 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Ilmu Komputer thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Qur’ania, Arie and Maryana, Sufiatul (2021) APLIKASI MEDIA PENGENALAN TOKOH WAYANG KULIT DENGAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.