eprintid: 9877 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/98/77 datestamp: 2025-09-04 01:51:04 lastmod: 2025-09-04 01:51:05 status_changed: 2025-09-04 01:51:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aisyah, Firli Aulia creators_NPM: 037121010 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Yuli, Mulyawati contributors_name: Mira, Mirawati contributors_NIDN: 0417057704 contributors_NIDN: 0411068001 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Educaplay pada Materi Menghargai Perbedaan dan Keberagaman di Lingkungan Sekitar : Pendekatan Reserch and Development (R&D) pada Peserta Didik Kelas IV MI Annuriyah Plus Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Aisyah Firli Aulia 037121010. Pengembangan evaluasi Pembelajaran Menggunakan Educaplay pada Materi Menghargai Perbedaan dan Keberagaman Di Lingkungan Sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasil produk evaluasi pembelajaran menggunakan Educaplay pada materi mengghargai perbedaan dan keberagaman di lingkungan sekitar di kelas IV MI Annuriyah Plus dengan jumlah 19 peserta didik. pengembangan produk ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada penelitian ini dilakukan uji validasi beberapa ahli yaitu ahli media, ahli bahasa, ahli assessment, dan ahli materi. Hasil validasi akhir oleh ahli media mendapatkan persentase 94% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi akhir oleh ahli bahasa mendapatkan persentase 95% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi ahli assessment mendapatkan 91,4% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi ahli materi mendapatkan 96% dengan kriteria sangat layak. Untuk nilai rata-rata N-Gain hasil belajar mendapatkan 0,8 dengan kriteria tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran menggunakan Educaplay pada materi mengghargai perbedaan dan keberagaman di lingkungan sangat layak dikembangkan serta efektif dalam proses pembelajaran. Kata kunci : Educaplay, Evaluasi Pembelajaran, Pengembangan. date: 2025 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Aisyah, Firli Aulia (2025) Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Educaplay pada Materi Menghargai Perbedaan dan Keberagaman di Lingkungan Sekitar : Pendekatan Reserch and Development (R&D) pada Peserta Didik Kelas IV MI Annuriyah Plus Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9877/1/Aisyah%20Firli%20Aulia.pdf