@phdthesis{eprintsunpak9879, title = {Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3 pada Materi Kekayaan Budaya Indonesia : Pendekatan Research and Development pada Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu As-Salaam Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025}, school = {Universitas Pakuan}, year = {2025}, author = {Salsabila Luthfiyyah}, abstract = {Luthfiyyah Salsabila. 037121103. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Materi Kekayaan Budaya Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan bahan ajar interaktif menggunakan Articulate Storyline 3 untuk dikembangkan kepada peserta didik kelas IV SDIT As-salaam serta untuk mengetahui kelayakan dan keefektivitasan bahan ajar interaktif menggunakan Articulate Storyline 3 terhadap proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model penelitian yaitu metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Pada penelitian ini dilakukan uji validasi kepada para ahli, yaitu ahli media, ahli Bahasa, dan ahli materi 1 dan 2. Hasil validasi oleh ahli media mendapatkan 100\% dengan kriteria sangat layak, oleh ahli bahasa mendapat 92\% dengan kategori sangat layak, oleh ahli materi 1 mendapat 90\% dengan kategori sangat layak dan oleh ahli materi 2 mendapatkan 98\% dengan kategori sangat layak. Hasil angket respon peserta didik mendapat 94\% dengan kriteria sangat layak, dan nilai rata rata N-Gain hasil belajar yaitu 0,77 dengan kriteria sangat tinggi. Hasil tersebut menunjukan bahwa Bahan Ajar interaktif menggunakan Articulate Storyline 3 sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dan sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Articulate Storyline 3, Bahan Ajar Interaktif, Kekayaan Budaya Indonesia}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/9879/} }