eprintid: 9880 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/98/80 datestamp: 2025-09-04 01:54:27 lastmod: 2025-09-04 01:54:27 status_changed: 2025-09-04 01:54:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sulistya, Anugrah creators_NPM: 037121116 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Fitri, Siti Sundari contributors_name: Dendy, Saeful Zen contributors_NIDN: 0422127105 contributors_NIDN: 0420068504 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Analisis Interaksi Sosial Anak Autis : Pendekatan Penelitian Kualitatif Studi Kasus Pada Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar Negeri Semeru 6 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025. ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: none abstract: Sulistya Anugrah. 037121116. “Analisis Interaksi Sosial Anak Autis” . Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan 2025. Penelitian ini menggunakan Studi Kasus dengan Penelitian Kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas II SDN Semeru 6 Kota Bogor, semester genap bulan mei tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus utama penelitian ini mencakup pola interaksi sosial anak autis di lingkungan sekolah, faktor-faktor yang memengaruhi interaksi tersebut, serta strategi mengatasi hambatan interaksi sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek sering menyendiri, meskipun menunjukkan ketertarikan untuk berinteraksi dengan teman sebaya secara terbatas. Subjek mampu merespon ketika namanya dipanggil dan cenderung sensitif terhadap suara keras. Pola komunikasi yang ditunjukkan masih bersifat kaku dan formal. Strategi yang digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak mencakup pembiasaan komunikasi verbal dan pendekatan bermain bersama teman sebaya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dukungan dari lingkungan sekitar, terutama guru, orang tua dan teman sebaya, berperan penting dalam mengembangkan kemampuan interaksi sosial anak autis. Kata kunci : Autis, Interaksi Sosial date: 2025 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Sulistya, Anugrah (2025) Analisis Interaksi Sosial Anak Autis : Pendekatan Penelitian Kualitatif Studi Kasus Pada Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar Negeri Semeru 6 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.