%0 Thesis %9 Skripsi %A Syiffa, Nur Hofifah %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Guru Sekolah Dasar, %B PGSD %D 2025 %F eprintsunpak:9887 %I Universitas Pakuan %T Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Educaplay pada Pembelajaran Ipas Materi Indonesiaku Kaya Alamnya : Pendekatan Research and Development pada Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Ciawi 03 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025. %U http://eprints.unpak.ac.id/9887/ %X Syiffa Nur Hofifah. 037121086. Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Mengguanakan Educaplay pada Pembelajaran IPAS Materi Indonesiaku Kaya Alamnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) di Sekolah Dasar Negeri Ciawi 03 Kabupaten Bogor. Subyek penelitian peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciawi 03 yang terdiri dari 25 peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Educaplay pada Pembelajaran IPAS Materi Indonesiaku Kaya Alamnya untuk mengetahui kelayakan dan keefektifannya. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implemantion, Evalutation). Pada penelitian ini menggunakan uji validasi kepada para ahli, yaitu ahli media, ahli bahasa, ahli materi. Untuk menguji keefektifan hasil kemampuan kognitif peserta didik mengukur dengan nilai pre-test dan post-test. Untuk mengembangkan dan menyempurnakan Evaluasi Pembelajaran menggunakan Educaplay diperlukan respon peserta didik dan guru. Hasil vaidasi oleh ahli media 98% dengan kriteria “Sangat Layak”, ahli bahasa diperoleh persentase 96% dengan kriteria “Sangat Layak”, ahli materi (Dosen) diperoleh persentase 94% dengan kriteria “Sangat Layak” dan ahli materi (Guru) diperoleh persentase 98% dengan kriteria “Sangat Layak.” Hasil pre-test dan post-test pada peserta didik menunjukkan bahwa N-Gain skor pada kels V mencapai 0,89 termasuk kedalam kategori “Tinggi” dengan jumlah 25 peserta didik dengan nilai tertinggi pre-test 85 dan nilai terendah 50 dengan rata-rata sebesar 67,36. Sedangkan pada nilai N-Gain post-test dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 85 memiliki rata-rata sebesar 96,28. Sehingga kemampuan peserta didik mengalami peningkatan yang “Efektif” setelah menggunakan evaluasi pembelajaran menggunakan Educaplay. Hasil angket respon peserta didik memperoleh hasil persentase 93,52% dengan kriteria “Sangat Layak”, serta hasil angket respon guru menunjukkan persentase 98% dengan kriteria “Sangat Layak.” Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Evaluasi pembelajaran menggunakan Educaplay layak dan efektif digunakan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dasar. Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran, Educaplay