<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Educaplay pada Pembelajaran Ipas Materi Indonesiaku Kaya Alamnya : Pendekatan Research and Development pada Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Ciawi 03 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025."^^ . "Syiffa Nur Hofifah. 037121086. Pengembangan Evaluasi Pembelajaran\r\nMengguanakan Educaplay pada Pembelajaran IPAS Materi Indonesiaku\r\nKaya Alamnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (Research\r\nand Development) di Sekolah Dasar Negeri Ciawi 03 Kabupaten Bogor.\r\nSubyek penelitian peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciawi 03\r\nyang terdiri dari 25 peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada semester\r\ngenap tahun pelajaran 2024/2025. Tujuan penelitian ini yaitu untuk\r\nmengembangkan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Educaplay pada\r\nPembelajaran IPAS Materi Indonesiaku Kaya Alamnya untuk mengetahui\r\nkelayakan dan keefektifannya. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE\r\n(Analysis, Design, Development, Implemantion, Evalutation). Pada\r\npenelitian ini menggunakan uji validasi kepada para ahli, yaitu ahli media,\r\nahli bahasa, ahli materi. Untuk menguji keefektifan hasil kemampuan\r\nkognitif peserta didik mengukur dengan nilai pre-test dan post-test. Untuk\r\nmengembangkan dan menyempurnakan Evaluasi Pembelajaran\r\nmenggunakan Educaplay diperlukan respon peserta didik dan guru. Hasil\r\nvaidasi oleh ahli media 98% dengan kriteria “Sangat Layak”, ahli bahasa\r\ndiperoleh persentase 96% dengan kriteria “Sangat Layak”, ahli materi\r\n(Dosen) diperoleh persentase 94% dengan kriteria “Sangat Layak” dan ahli\r\nmateri (Guru) diperoleh persentase 98% dengan kriteria “Sangat Layak.”\r\nHasil pre-test dan post-test pada peserta didik menunjukkan bahwa N-Gain\r\nskor pada kels V mencapai 0,89 termasuk kedalam kategori “Tinggi”\r\ndengan jumlah 25 peserta didik dengan nilai tertinggi pre-test 85 dan nilai\r\nterendah 50 dengan rata-rata sebesar 67,36. Sedangkan pada nilai N-Gain\r\npost-test dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 85 memiliki rata-rata\r\nsebesar 96,28. Sehingga kemampuan peserta didik mengalami\r\npeningkatan yang “Efektif” setelah menggunakan evaluasi pembelajaran\r\nmenggunakan Educaplay. Hasil angket respon peserta didik memperoleh\r\nhasil persentase 93,52% dengan kriteria “Sangat Layak”, serta hasil angket\r\nrespon guru menunjukkan persentase 98% dengan kriteria “Sangat Layak.”\r\nDengan demikian dapat disimpulkan bahwa Evaluasi pembelajaran\r\nmenggunakan Educaplay layak dan efektif digunakan peserta didik dalam\r\nkegiatan pembelajaran di sekolah dasar.\r\nKata Kunci: Evaluasi Pembelajaran, Educaplay"^^ . "2025" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PGSD, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Sri Indriani"^^ . "Rini"^^ . "Sri Indriani Rini"^^ . . "Indriyani"^^ . "Indriyani"^^ . "Indriyani Indriyani"^^ . . "Nur Hofifah"^^ . "Syiffa"^^ . "Nur Hofifah Syiffa"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar"^^ . . . . . . . "Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Educaplay pada Pembelajaran Ipas Materi Indonesiaku Kaya Alamnya : Pendekatan Research and Development pada Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Ciawi 03 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025. (Text)"^^ . . . "Syiffa Nur Hofifah .pdf"^^ . . "HTML Summary of #9887 \n\nPengembangan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Educaplay pada Pembelajaran Ipas Materi Indonesiaku Kaya Alamnya : Pendekatan Research and Development pada Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Ciawi 03 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025.\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR" . .