%I Universitas Pakuan %D 2025 %T Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Educandy pada Topik Kegiatan Jual Beli Sebagai Salah Satu Cara Pemenuhan Kebutuhan : Pendekatana Research and Development pada Peserta Didik Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Cilendek Timur 2 Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025. %A Ratna A. Muthia %X Muthia Ratna A. 037121121. Pengembangan evaluasi pembelajaran menggunakan educandy pada topik kegiatan jual beli sebagai salah satu cara pemenuhan kebutuhan peserta didik kelas IV. Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar negeri cilendek timur 2, pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitia ini melibatkan 31 peserta didik dan melaksanakan proses validasi serta uji coba evaluasi pembelajaran yang telah dikembangkan. Validasi dilakukan oleh empat ahli validasi yaitu ahli media, ahli bahasa, ahli materi (dosen), dan ahli materi (guru). Berdasarkan hasil validasi yang telah dilakukan oleh validator yang diperoleh yaitu ahli media 96%, ahli bahasa 92%, ahli materi (dosen) 98%, dan ahli materi (guru) 84% dengan rata-rata hasil 92,5% yang termasuk pada kriteria "Sangat Layak". Hasil uji coba yang dilakukan oleh peserta didik hasik skor akhir dengan rata-rata yaitu 90,25%. HAL ini menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran menggunakan educandy kegiatan jual beli sebagai salah satu cara pemenuhahn kebutuhan sangat layak digunakan untuk produk pembelajaran Kata Kunci : Evaluasi Pembelajaran, Educandy %L eprintsunpak9901