eprintid: 9901 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/99/01 datestamp: 2025-09-15 07:26:12 lastmod: 2025-09-15 07:26:12 status_changed: 2025-09-15 07:26:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Muthia, Ratna A. creators_NPM: 037121121 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Elly, Sukmanasa contributors_name: Dendy, Saeful Zen contributors_NIDN: 0429076901 contributors_NIDN: 0420068504 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Educandy pada Topik Kegiatan Jual Beli Sebagai Salah Satu Cara Pemenuhan Kebutuhan : Pendekatana Research and Development pada Peserta Didik Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Cilendek Timur 2 Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025. ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: none abstract: Muthia Ratna A. 037121121. Pengembangan evaluasi pembelajaran menggunakan educandy pada topik kegiatan jual beli sebagai salah satu cara pemenuhan kebutuhan peserta didik kelas IV. Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar negeri cilendek timur 2, pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitia ini melibatkan 31 peserta didik dan melaksanakan proses validasi serta uji coba evaluasi pembelajaran yang telah dikembangkan. Validasi dilakukan oleh empat ahli validasi yaitu ahli media, ahli bahasa, ahli materi (dosen), dan ahli materi (guru). Berdasarkan hasil validasi yang telah dilakukan oleh validator yang diperoleh yaitu ahli media 96%, ahli bahasa 92%, ahli materi (dosen) 98%, dan ahli materi (guru) 84% dengan rata-rata hasil 92,5% yang termasuk pada kriteria "Sangat Layak". Hasil uji coba yang dilakukan oleh peserta didik hasik skor akhir dengan rata-rata yaitu 90,25%. HAL ini menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran menggunakan educandy kegiatan jual beli sebagai salah satu cara pemenuhahn kebutuhan sangat layak digunakan untuk produk pembelajaran Kata Kunci : Evaluasi Pembelajaran, Educandy date: 2025 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Muthia, Ratna A. (2025) Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Educandy pada Topik Kegiatan Jual Beli Sebagai Salah Satu Cara Pemenuhan Kebutuhan : Pendekatana Research and Development pada Peserta Didik Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Cilendek Timur 2 Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.