eprintid: 9902 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/99/02 datestamp: 2025-09-15 07:26:17 lastmod: 2025-09-15 07:26:17 status_changed: 2025-09-15 07:26:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Salsabilla, Dwi Aulia creators_NPM: 037121084 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: R.Teti, Rostikawati contributors_name: Santa, Santa contributors_NIDN: 0018046003 contributors_NIDN: 0407038401 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Gimkit pada Materi Norma dalam Adat Istiadat Daerahku : Pendeketan Research and Development pada Peserta Didik Kelas IV di Sekolah Dasar Pertiwi Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025. ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: none abstract: Salsabila Dwi Aulia. 037121084. "Pengembangan evaluasi pembelajaran menggunakan gimkit pada materi norma dalam adat istiadat daerahku" Pada peserta didik kelas IV di sd pertiwi kota bogor. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan produk evaluasi pembelajaran menggunakan gimkit pada materi norma dalam adat istiadat daerahku, dapat menguji kelayakan produk tersebut. Metode penelitian ini mengguanakan ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation). Penelitian ini melibatkan 30 peserta didik, dan melaksanakan proses validasi. Validasi dilakukan oleh empat ahldi validasi, yaitu satu dosen ahli media, satu dosen ahli bahasa, satu dosen ahli materi, dan satu guru ahli materi. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh validator didapatkan hasil akhir yaitu, hasil dari validasi ahli media mendapatkan 100%, hasil dari validasi ahli bahasa mendapatkan 100%, hasil dari validasi ahli materi 98%, dan hasil validasi guru mendapatkan 100%, dengan rata-rata hasil 99,5%, dapat dikatakan produk tersebut memiliki kriteria "Sangat Layak". Hasil kuesioner terhadap respon peserta didik mendapatkan hasil sebesar 93% dan respon guru mendapatkan hasil sebesar 96% yang mana kedua kuesioner tersebut digolongkan kedalam kategori "Sangat Baik". Hasil dari nilai rata-rata nilai N-Gain 0,80 dengan persentase 80,6% ysng msduk kedalem kategori "Tinggi". Berdasarkan hasil tersebut maka penelitian menyimpulkan bahwa pengembangan evaluasi pembelajaran menggunakan gimkit pada materi norma adat istiadat daerahku layak dan efektif untuk diterapkan di sekolah dasar pertiwi kota bogor date: 2025 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Salsabilla, Dwi Aulia (2025) Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Gimkit pada Materi Norma dalam Adat Istiadat Daerahku : Pendeketan Research and Development pada Peserta Didik Kelas IV di Sekolah Dasar Pertiwi Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.