<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Analisis Tindak Tutur Pada Teks di Televisi dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP."^^ . "Prida Kesuma. 032120002. Analisis Tindak Tutur pada Teks Iklan di Televisi\r\ndan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Skripsi.\r\nUniversitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Suhendra,M.Pd. dan\r\nMuhamad Firman Al-Fahad,M.Pd.\r\nPeneliti ini bertujuan untuk mengetahui bentuk tindak tutur dalam iklan niaga dan\r\njasa di televisi serta implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di\r\nSMP. Sumber data penelitian ini adalah iklan dalam televisi, baik iklan produk\r\nniaga maupun iklan jasa. Metode penelitian ini bertujuan untuk memahami dan\r\nmenjelaskan makna drai situasi yang sedang di teliti. Penelitian deskriptif kuali-\r\ntatif lebih menekankan pada pengumpulan data yang berbentuk narasi, observasi,\r\natau studi kasus. Data penelitian dikumpulkan dari kutipan tutur dalam iklan di\r\ntelevisi yang mencakup tindak tutur ilokusi, lokusi, dan perlokusi. Teknik\r\npengumpulan data dengan cara menonton iklan secara berulang, mendengarkan,\r\ndan mencatat. Peneliti memiliki beberapa tahap analisis terhadap data yang dipilih\r\nkemudian mengidentifikasinya. Setelah diidentifikasi, data tersebut diklasifikasi-\r\nkan berdasarkan jenis tindak tutur dan pernyataan yang disampaikan secara lang-\r\nsung dalam iklan. Hasil penelitian ini menggunakan tindak tutur ilokusi asertif\r\ndengan nilai tertinggi “Memberikan infromasi” 50%; ilokusi ekspresif memiliki\r\nnilai tertinggi “Memohon” 37%; ilokusi direktif memiliki nilai tertinggi memiliki\r\nnilai tertinggi “Merekomendasi” 92%; ilokusi deklaratif dengan nilai tertinggi\r\n“Intonasi Netral” 47%; ilokusi komisif dengan memiliki nilai tertinggi “Mena-\r\nwarkan” 100%; tindak tutur lokusi memiliki nilai tertinggi “Penyampain Pesan”\r\n100%; tindak tutur perlokusi memiliki nilai tertinggi “Meyakinkan” 87%. Hasil\r\nanalisis data di atas menunjukan bahwa tindak tutur ilokusi digunakan untuk\r\nmemberikan informasi dengan funsgi komunikatif tertentu, tindak tutur lokusi\r\nmenyampaikan pesan atau informasi kepada pendengar, tindak tutur pelrokusi\r\nmemiliki dampak atau pengaruh terhadap lawan tutur maupun pendengar. Tindak\r\ntutur yabg digunakan oleh pengiklan mencerminkan bahasa yang fungsinya sangat\r\nefektif untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat luas, sehingga iklan terse-\r\nbut dapat di terima dengan baik.\r\nKata Kunci: tindak tutur, iklan, jenis iklan"^^ . "2024" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PBS. Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Firman Al-Fahad"^^ . "Muhammad"^^ . "Firman Al-Fahad Muhammad"^^ . . "Suhendra"^^ . "Suhendra"^^ . "Suhendra Suhendra"^^ . . "Kesuma"^^ . "Prida"^^ . "Kesuma Prida"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "Analisis Tindak Tutur Pada Teks di Televisi dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. (Text)"^^ . . . "Prida Kesuma_SKRIPSI FIX_compressed.pdf"^^ . . "HTML Summary of #9906 \n\nAnalisis Tindak Tutur Pada Teks di Televisi dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP.\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA" . .