eprintid: 9906 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/99/06 datestamp: 2025-09-15 07:26:29 lastmod: 2025-09-15 07:26:29 status_changed: 2025-09-15 07:26:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Prida, Kesuma creators_NPM: 032120002 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Suhendra, Suhendra contributors_name: Muhammad, Firman Al-Fahad contributors_NIDN: 0428047402 contributors_NIDN: 0405109003 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: Analisis Tindak Tutur Pada Teks di Televisi dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Prida Kesuma. 032120002. Analisis Tindak Tutur pada Teks Iklan di Televisi dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Suhendra,M.Pd. dan Muhamad Firman Al-Fahad,M.Pd. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui bentuk tindak tutur dalam iklan niaga dan jasa di televisi serta implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Sumber data penelitian ini adalah iklan dalam televisi, baik iklan produk niaga maupun iklan jasa. Metode penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menjelaskan makna drai situasi yang sedang di teliti. Penelitian deskriptif kuali- tatif lebih menekankan pada pengumpulan data yang berbentuk narasi, observasi, atau studi kasus. Data penelitian dikumpulkan dari kutipan tutur dalam iklan di televisi yang mencakup tindak tutur ilokusi, lokusi, dan perlokusi. Teknik pengumpulan data dengan cara menonton iklan secara berulang, mendengarkan, dan mencatat. Peneliti memiliki beberapa tahap analisis terhadap data yang dipilih kemudian mengidentifikasinya. Setelah diidentifikasi, data tersebut diklasifikasi- kan berdasarkan jenis tindak tutur dan pernyataan yang disampaikan secara lang- sung dalam iklan. Hasil penelitian ini menggunakan tindak tutur ilokusi asertif dengan nilai tertinggi “Memberikan infromasi” 50%; ilokusi ekspresif memiliki nilai tertinggi “Memohon” 37%; ilokusi direktif memiliki nilai tertinggi memiliki nilai tertinggi “Merekomendasi” 92%; ilokusi deklaratif dengan nilai tertinggi “Intonasi Netral” 47%; ilokusi komisif dengan memiliki nilai tertinggi “Mena- warkan” 100%; tindak tutur lokusi memiliki nilai tertinggi “Penyampain Pesan” 100%; tindak tutur perlokusi memiliki nilai tertinggi “Meyakinkan” 87%. Hasil analisis data di atas menunjukan bahwa tindak tutur ilokusi digunakan untuk memberikan informasi dengan funsgi komunikatif tertentu, tindak tutur lokusi menyampaikan pesan atau informasi kepada pendengar, tindak tutur pelrokusi memiliki dampak atau pengaruh terhadap lawan tutur maupun pendengar. Tindak tutur yabg digunakan oleh pengiklan mencerminkan bahasa yang fungsinya sangat efektif untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat luas, sehingga iklan terse- but dapat di terima dengan baik. Kata Kunci: tindak tutur, iklan, jenis iklan date: 2024 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PBS. Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Prida, Kesuma (2024) Analisis Tindak Tutur Pada Teks di Televisi dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9906/1/Prida%20Kesuma_SKRIPSI%20FIX_compressed.pdf