<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Tiktok dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMAN 1 Ciomas."^^ . "Mimadiwa Mangenggarati. 032120039. penerapan Media Pembelajaran\r\nBerbasis Aplikasi TikTok dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks\r\nAnekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ciomas. Skripsi. Universitas Pakuan.\r\nBogor. Di bawah bimbingan Dr. Suhendra, M.Pd. dan Ruyatul Hilal M., M.Pd.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk menerapkan media pembelajaran berbasis aplikasi\r\nTikTok dalam meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X\r\nSMA Negeri 1 Ciomas, serta mengetahui kendala dalam menulis teks anekdot\r\nsiswa. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan menggunakan\r\nteknik tes dan teknik nontes. Teknik tes dibagi menjadi dua yaitu prates dan\r\npascates. Teknik nontes yaitu angket dan observasi. Teknik tes digunakan untuk\r\nmengetahui peningkatan keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA\r\nNegeri 1 Ciomas, melalui penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi TikTok,\r\nsedangkan teknik nontes yaitu angket digunakan untuk mengetahui kendala yang\r\ndialami siswa saat menulis teks anekdot menggunakan media pembelajaran\r\nberbasis aplikasi TikTok. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 11 kelas yang\r\nberjumlah 394 siswa. Sampel penelitian sebanyak 70 siswa yaitu kelas X-6\r\nberjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas X-10 berjumlah 35 siswa\r\nsebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random\r\nSampling. Hipotesis pertama terbukti kebenarannya, penerapan media\r\npembelajaran berbasis aplikasi TikTok dapat meningkatkan keterampilan menulis\r\nteks anekdot siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata kelas\r\neksperimen yaitu 52,21 pada saat prates meningkat menjadi 70,42 pada saat\r\npascates. Sedangkan di kelas kontrol rata-rata prates yaitu 47,64 dan nilai pascates\r\nkelas kontrol yaitu 60,5. Berdasarkan hasil perbandingan mean dengan\r\nmenggunakan t-tes, diperoleh thitung = 2,79 dan hasil d.b = 68. Nilai d.b = 68 di dalam\r\nttabel taraf signifikan 1% yaitu 2,38 dan ttabel taraf signifikan 5% yaitu 1,66. Dengan\r\ndemikian, thitung lebih besar daripada ttabel karena nilai ttabel< thitung yaitu\r\n2,381,66. Hal ini membuktikan terdapat perbedaan antara hasil\r\npembelajaran di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil angket menunjukkan\r\nbahwa siswa kelas X SMA Negeri 1 Ciomas, 66% siswa mengalami kendala ketika\r\nmemilih kalimat efektif, 63% siswa mengalami kendala ketika menulis kata yang\r\ntepat, dan 49% siswa mengalami kendala dalam memahami isi video TikTok yang\r\ndiberikan. Dengan demikian, media TikTok dapat meningkatkan keterampilan\r\nmenulis teks anekdot meskipun siswa masih mengalami kendala.\r\nKata Kunci: keterampilan menulis, teks anekdot, aplikasi TikTok"^^ . "2024" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PBS. Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Manggenggarati"^^ . "Mimadiwa"^^ . "Manggenggarati Mimadiwa"^^ . . "Suhendra"^^ . "Suhendra"^^ . "Suhendra Suhendra"^^ . . "Hilal"^^ . "Ruyatul"^^ . "Hilal Ruyatul"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Tiktok dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMAN 1 Ciomas. (Text)"^^ . . . "SKRIPSI MIMADIWA MANGENGGARATI BURNING-1-155.pdf"^^ . . "HTML Summary of #9908 \n\nPenerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Tiktok dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMAN 1 Ciomas.\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA" . .