eprintid: 9910 rev_number: 5 eprint_status: archive userid: 46 dir: disk0/00/00/99/10 datestamp: 2025-09-15 07:26:39 lastmod: 2025-09-15 07:26:39 status_changed: 2025-09-15 07:26:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Martika, Karina creators_NPM: 065120156 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Tita Tosida, Eneng contributors_name: Yanti, Yusma contributors_NIDN: 0429058803 contributors_NIDN: 0425087601 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Matematika dan Ilmu Pnegetahuan Alam title: Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Paket Indibiz Menggunakan K-Means Clustering dan Analytic Hierarchy Process ispublished: pub divisions: sch_ecs full_text_status: none abstract: Karina Martika, 2020. Membuat sebuah penelitian dengan judul Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Paket Indibiz Menggunakan K-Means Clustering dan Analytic Hierarchy Process. Pembimbing Ibu Dr. Eneng Tita Tosida, S.Tp., M. Si., M.Kom. dan Ibu Yusma Yanti, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk membangun Sistem Penunjang Keputusan dalam pemilihan paket layanan Indibiz milik PT. Telkom Indonesia yang menawarkan berbagai pilihan paket internet berdasarkan kecepatan, jumlah channel, dan fitur tanpa batas kuota. Banyaknya pilihan menyebabkan calon pelanggan kesulitan dalam memilih paket yang sesuai dengan kebutuhannya. Untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian menggunakan dua metode yaitu K-Means Clustering untuk mengelompokkan data pelanggan berdasarkan kemiripan karakteristik, dan Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan prioritas kriteria dalam pemilihan paket. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari PT. Telkom Indonesia sebanyak 6.192 data paket selama periode Juli hingga November. Penulis juga mengembangkan sistem berbasis web agar pelanggan dapat dengan mudah mengakses layanan rekomendasi secara interaktif. Sistem ini tidak hanya memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam memilih paket, tetapi juga dapat membantu perusahaan dalam menyusun strategi pemasaran berdasarkan preferensi pengguna. Sistem Penunjang Keputusan ini diharapkan dapat menjadi solusi yang efisien dan bermanfaat baik bagi perusahaan maupun pelanggan dalam proses pemilihan layanan internet yang sesuai kebutuhan. Kata Kunci: Sistem Penunjang Keputusan, Indibiz, K-Means Clustering, Analytical Hierarchy Process, Web date: 2025-02-04 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Martika, Karina (2025) Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Paket Indibiz Menggunakan K-Means Clustering dan Analytic Hierarchy Process. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.