eprintid: 9918 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/99/18 datestamp: 2025-09-15 07:27:25 lastmod: 2025-09-15 07:27:25 status_changed: 2025-09-15 07:27:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Anita, Nuryana creators_NPM: 037120059 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Yuli, Mulyawati contributors_name: Tatang, Muhajang contributors_NIDN: 0417057704 contributors_NIDN: 0405056904 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Pengembangan Instrumen Penilaian Menggunakan Quizizz pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan Subtema Peristiwa Mengisi Kemerdekaan : Penelitian Research and Development (R&D) pada Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Cipambuan Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024. ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Anita Nuryana. 037120059. Pengembangan Instrumen Penilaian Menggunakan Quizizz Pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan Subtema Peristiwa Mengisi Kemerdekaan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan metode ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini diawali dengan mengumpulkan informasi kebutuhan dan masalah yang ada di sekolah dasar, membuat desain instrumen penilaian, melakukan validasi produk kepada ahli, merevisi produk, dan setelah itu melakukan uji coba instrumen penilaian kepada peserta didik. Subyek pada penelitian ini adalah guru kelas V dan peserta didik kelas V SDN Cipambuan Kabupaten Bogor tahun akademik 2023/2024 dengan jumlah 20 peserta didik. Hasil coba kelayakan instrumen peniaian menggunakan quizizz menunjukkan bahwa produk ini sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan dari hasil angket respon validator ahli media 92,50%, ahli Bahasa 100% ,ahli materi dosen 97% dan ahli materi guru 97,18% dengan memperoleh rata-rata persentase sebesar 96,67%, serta angket respon peserta didik yang memperoleh rata-rata persentase sebesar 97,8%. Kata Kunci: Pengembangan, Instrumen Penilaian, Quizizz date: 2024 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Anita, Nuryana (2024) Pengembangan Instrumen Penilaian Menggunakan Quizizz pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan Subtema Peristiwa Mengisi Kemerdekaan : Penelitian Research and Development (R&D) pada Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Cipambuan Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9918/1/Anita%20Nuryana%20.pdf