eprintid: 9921 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/99/21 datestamp: 2025-09-15 07:27:44 lastmod: 2025-09-15 07:27:44 status_changed: 2025-09-15 07:27:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Shafa, Nabila Sulistio Putri creators_NPM: 037121091 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Elly, Sukmanasa contributors_name: Yudhie, Suchyadi contributors_NIDN: 0429076901 contributors_NIDN: 0427077402 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Pengembangan Alat Evaluasi Latihan Soal Berbasis Educandy pada Materi Wawancara : Pendekatan Penelitian Research and Development pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kedung Halang 03 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025. ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Shafa Nabila Sulistio Putri 037121091 Pengembangan alat evaluasi latihan soal berbasis Educandy pada materi sebagai salah satu cara pemenuhan kebutuhan peserta didik kelas IV. Penelitian ini di lakukan di sekolah dasar negeri kadunghalang 3, pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Imolementation, And Evaluation). Penelitian ini melibatkan 32 peserta didik dan melaksanakan proses validasi serta uji coba evaluasi pembelajaran yang telah dikembangkan. Validasi dilakukan oleh empat ahli validasi yaitu ahli media, ahli bahasda, ahli materi (dosen), dan ahli materi (guru). Berdasarkan hasil validasi yang telah dilakukan oleh validator yang diperoleh yaitu ahli media 100%, ahli bahasa 100%, ahli materi (dosen) 90%, dan ahli materi (guru) 87,5% dengan rata-rata hasil 92,5%, yang termasuk kriteria "Sangat layak". Hasil uji coba yasng dilakukan oleh peserta didik hasil skor akhir dengan rata-rata yaitu 94,5%. Hal ini menunjukan bahwa evaluasi pembelajaran menggunakan educandy pada materi wawancara sebagai salah satu cara pemenuhan kebutuhan sangat layak digunakan tanpa adanya revisi dalam proses pembelajaran. date: 2025 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Shafa, Nabila Sulistio Putri (2025) Pengembangan Alat Evaluasi Latihan Soal Berbasis Educandy pada Materi Wawancara : Pendekatan Penelitian Research and Development pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kedung Halang 03 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9921/1/Full%20Text%20Shafa%20Nabila%20Sulistio%20Putri%20.pdf