eprintid: 9922 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 46 dir: disk0/00/00/99/22 datestamp: 2025-09-15 07:27:49 lastmod: 2025-09-15 07:27:49 status_changed: 2025-09-15 07:27:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Malikul Ikhsan, Taufik creators_NPM: 064117023 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Andriyati, Ani contributors_name: Widiyastiti, Maya contributors_NIDN: 0429058304 contributors_NIDN: 0429059001 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Matematika dan Ilmu Pnegetahuan Alam corp_creators: Program Studi Matematika title: Optimalisasi Strategi Pemasaran Menggunakan Game Theory Terhadap Persaingan Rumah Makan Saung Uwo dan Sambel Mimih. ispublished: pub subjects: QA subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: sch_mat full_text_status: none abstract: Taufik Malikul Ikhsan, Optimalisasi Strategi Pemasaran Menggunakan Game Theory Terhadap Persaingan Rumah Makan Saung Uwo dan Sambel Mimih. Dibimbing oleh ANI ANDRIYATI dan MAYA WIDYASTITI. Rumah Makan Saung Uwo dan Sambel Mimih dalam kondisi persaingan yang ketat, dimana salah satu Rumah Makan tersebut bisa saja mengalami penurunan jumlah konsumen dan menyebababkan kerugian yang cukup besar. Oleh karena itu, kedua rumah makan tersebut membutuhkan strategi pemasaran yang optimal agar dapat memperkirakan kemungkinan terburuk yang muncul dalam kondisi persaingan. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menganalisis strategi pemasaran yang optimal yaitu dengan menggunakan game theory. Game theory digunakan untuk menentukan strategi pemasaran terbaik dengan value of game suatu permainan. Data primer melalui kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden digunakan sebagai bahan analisis strategi pemasaran yang optimal menggunakan game theory dengan 5 strategi pemasaran, diantaranya strategi harga, promosi, menu makanan, rasa, dan pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang optimal bagi Rumah Makan Saung Uwo untuk meningkatkan keuntungan digunakan strategi menu makanan dengan probabilitas keuntungan yang diperoleh sebesar 33% dan strategi rasa dengan probabilitas keuntungan yang diperoleh sebesar 67%, sedangkan strategi yang optimal bagi Rumah Makan Sambel Mimih untuk mengurangi kerugian digunakan strategi harga dengan probabilitas sebesar 67% dan strategi promosi dengan probabilitas yang diperoleh untuk mengurangi kerugian sebesar 33%. Value of game yang diperoleh sebesar 3,33 yang berarti Rumah Makan Saung Uwo mendapatkan peningkatan keuntungan yang awalnya 2 menjadi 3,33 dan Rumah Makan Sambel Mimih mampu menurunkan kerugian yang awalnya 6 menjadi 3,33. Kata kunci: Strategi pemasaran, Game theory, Metode simpleks date: 2024-08-24 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Malikul Ikhsan, Taufik (2024) Optimalisasi Strategi Pemasaran Menggunakan Game Theory Terhadap Persaingan Rumah Makan Saung Uwo dan Sambel Mimih. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.