eprintid: 9933 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/99/33 datestamp: 2025-10-17 03:40:37 lastmod: 2025-10-17 03:40:37 status_changed: 2025-10-17 03:40:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rosmalena, Rosmalena creators_NPM: 032116001 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Suhendra, Suhendra contributors_name: Stella, Talitha contributors_NIDN: 0428047402 contributors_NIDN: 0417099101 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Teks Hikayat Kelas X SMA Negeri 1 Cibarusah Bekasi ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Rosmalena: Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Teks Hikayat Kelas X SMA Negeri 1 Cibarusah Bekasi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2020. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan panduan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Salah satu komponen yang terdapat dalam RPP adalah model pembelajaran. Penelitian ini mengkaji sintak model discovery learning yang dijabarkan dalam langkah pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menulis teks hikayat kelas X SMA Negeri 1 Cibarusah Bekasi. Fokus penelitian ini adalah analisis sintak model pembelajaran discovery learning dan subfokus penelitian ini adalah langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dan kesesuaian langkah-langkah dalam model pembelajaran discovery learning. Metode penelitian yang digunakan, yaitu kualitatif deskriptif, artinya data yang ditemukan berupa kata-kata dan hasilnya akan dipaparkan secara deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa rencana pelaksanaan pembelajaran teks hikayat kelas X SMA Negeri 1 Cibarusah Bekasi sebagai sumber datanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu studi kepustakaan dengan melakukan pengkajian terhadap RPP. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui langkah-langkah atau sintak model pembelajaran discovery learning yang terdapat dalam RPP teks hikayat kelas X SMA Negeri 1 Cibarusah Bekasi. Dari hasil analisis data, ditemukan sebanyak 28 data kutipan, di antaranya: 4 kutipan sintak model stimulation (pemberian rangsangan), 4 kutipan sintak model problem statement (pertanyaan/identifikasi), 4 kutipan sintak model data collection (pengumpulan data), 4 kutipan sintak model data processing (pengolahan data), 4 kutipan sintak model verification (pembuktian), 4 kutipan sintak model generalization (kesimpulan), dan 4 kutipan sintak model penilaian. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa langkah-langkah pembelajaran dalam rencana pelaksanaan pembelajaran teks hikayat kelas X SMA Negeri 1 Cibarusah secara keseluruhan memiliki kesesuaian dengan sintak model discovery learning. Dengan demikian, penelitian ini layak untuk dijadikan acuan dalam menyusun RPP di sekolah dan bermanfaat bagi peneliti, guru, dan sekolah. Kata kunci: model pembelajaran, discovery learning, RPP, teks hikayat date: 2020 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PBS. Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Rosmalena, Rosmalena (2020) Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Teks Hikayat Kelas X SMA Negeri 1 Cibarusah Bekasi. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9933/1/1%20Edit%20Ankidz%20SKRIPSI%20FULL%20ROSMALENA_compressed.pdf