eprintid: 9938 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/99/38 datestamp: 2025-10-08 05:26:35 lastmod: 2025-10-08 05:26:35 status_changed: 2025-10-08 05:26:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Tigor, Yudianto creators_NPM: 037117188 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Suhendra, Suhendra contributors_name: Rini, Sri Indriani contributors_NIDN: 0428047402 contributors_NIDN: 0407118204 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Statistika : Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Siswa Kelas IV SD Negeri Citaringgul 06 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: none abstract: Tigor Yudianto 037117188. Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika materi stastistika. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen kuasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri Citaringgul 06 Kabupaten Bogor. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A dan IV-B Sekolah Dasar Negeri Citaringgul 06 Kabupaten Bogor yang terdiri dari 73 siswa, penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini menunjukan nilai N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 72, sedangkan kelompok kelas kontrol sebesar 46. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 84% sedangkan kelompok kelas kontrol sebesar 49%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (6,67179) > ttabel (1,99394). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan antara “Pengaruh Penerapan Model Discovey Learning Terhadap Hasil Belajar Matematikan materi statistika”. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Discovery Learning, Matematika date: 2022 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Tigor, Yudianto (2022) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Statistika : Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Siswa Kelas IV SD Negeri Citaringgul 06 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.