eprintid: 9945 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/99/45 datestamp: 2025-10-08 04:48:40 lastmod: 2025-10-08 04:48:40 status_changed: 2025-10-08 04:48:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aisyah, Fitriana M creators_NPM: 037121012 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Resyi, A. Gani contributors_name: Nur, Hikmah contributors_NIDN: 0417088001 contributors_NIDN: 0408068205 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: Pengembangan Bahan Ajar E-Comic Creator Materi Kekayaan Budaya Indonesia Berbantuan Aplikasi Pixton : Pendekatan Penelitian Research and Development Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cogreg 02 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025. ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Aisyah Fitriana M. 037121012. Pengembangan Bahan Ajar E-Comic Creator Materi Kekayaan Budaya Indonesia Berbantuan Aplikasi Pixton. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan Research and Development (R&D) di Sekolah Dasar Negeri 02 Cogreg pada peserta didik kelas IV dengan model penelitian yaitu metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Penelitian ini diawali dengan melakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis peserta didik, serta perancangan produk. Dikembangkanlah bahan ajar e-comic berbantuan aplikasi pixton, yang kemudian divalidasi oleh para ahli. Setelah itu, dilakukan uji coba terhadap bahan ajar e-comic berbantuan aplikasi pixton pada materi kekayaan budaya Indonesia kepada responden yang telah ditetapkan. Hasil validasi dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa menunjukkan bahwa bahan ajar e-comic berbantuan aplikasi pixton dinilai sangat valid dan sangat layak untuk digunakan, dengan persentase ratarata sebesar 97%. Pada tahap uji coba, sebanyak 25 peserta didik terlibat sebagai responden dan memberikan tanggapan yang sangat positif terhadap bahan ajar yang digunakan dengan rata-rata persentase mencapai 90%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-comic berbantuan aplikasi pixton pada materi kekayaan budaya Indonesia tergolong valid, menarik mudah digunakan oleh peserta didik, dan layak dijadikan sebagai sumber bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci : Pengembangan, E-Comic, Pixton date: 2025 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Aisyah, Fitriana M (2025) Pengembangan Bahan Ajar E-Comic Creator Materi Kekayaan Budaya Indonesia Berbantuan Aplikasi Pixton : Pendekatan Penelitian Research and Development Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cogreg 02 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9945/1/Aisyah%20Fitriana%20M%20.pdf