eprintid: 9946 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 45 dir: disk0/00/00/99/46 datestamp: 2025-10-08 04:48:54 lastmod: 2025-10-08 04:48:54 status_changed: 2025-10-08 04:48:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sahfitri, Ade Yuliana creators_name: Wihartika, Doni creators_name: Salmah, Salmah creators_NPM: 021120101 creators_NPM: 0422048103 creators_NPM: 0414078405 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sahfitri, Ade Yuliana contributors_name: Wihartika, Doni contributors_name: Salmah, Salmah contributors_NIDN: 021120101 contributors_NIDN: 0422048103 contributors_NIDN: 0414078405 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ekonomi dan Bisnis corp_creators: Program Studi Manajemen title: ngaruh Ketersediaan Informasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelangga Pada Pelanggan Commuter line (Studi Pada Pelanggan Kereta Commuter Line Jabodetabek) ispublished: pub subjects: 34 subjects: c divisions: sch_bio full_text_status: public abstract: ADE YULIANA SAHFITRI. 021120101. Pengaruh Ketersediaan Informasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelangga Pada Pelanggan Commuter line (Studi Pada Pelanggan Kereta Commuter Line Jabodetabek). Di bawah bimbingan : Dr. DONI WIHARTIKA, S.Pi., MM dan SALMAH, SE., MM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketersediaan informasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada pengguna Commuter Line. (studi pada pelanggan kereta Commuter Line Jabodetabek). Penelitih memutuskan untuk menggunakan Commuter Line sebagai bahan penelitian disebabkan Commuter Line merupakan salah satu transportasi yang digunakan dalam commuting. Tidak hanya itu, penulispun melihat masih banyak hal yang perlu diperbaiki oleh perusahaan dalam segi kualitas sarana maupun prasarana, salah satunya yaitu keluhan antrian dan keterlambatan KRL, AC KRL, gangguan persinyalan KRL, gangguan rel retak KRL, aplikasi C-Access PT KCI, Fasilitas stasiun KRL, fasilitas lift stasiun KCI dan kelhan lainnya. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif. Selain itu, peneliti melakukan penyebaran kuesioner untuk mencari data yang dibutuhkan, penyebaran kuesioner dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan menyebarkan link gform pada sosial media dan mencari responden sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Commuter Line sedangkan sampel yang digunakan ialah pengguna Commuter Line di Jabodetabek dengan jumlah sampel 100 responden. Analisis pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang ada pada penelitian yaitu ketersediaan informasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan, dan yang terakhir ketersediaan informasi dan kualitas pelayanan secara bersama-sama memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan uji F untuk mengetahui adanya pengaruh ketersediaan informasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dilakukan uji F. hal ini untuk pengaruh ketersediaan informasi dan kualitas pelayanan didapatkan nilai nilai F hitung = 39,718 > F tabel 3,09 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil tersebut menunjukan secara simultan bahwa variabel ketersediaan informasi (X1) dan kualitas pelayanan (X2) berpengaruh positif terhadap variabel kepuasan pelangan (Y). Kata kunci : Ketersediaan Informasi, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan date: 2024-10-29 date_type: published pages: 116 institution: Universitas Pakuan department: Fakultas Ekonomi dan Bisnis thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Sahfitri, Ade Yuliana and Wihartika, Doni and Salmah, Salmah (2024) ngaruh Ketersediaan Informasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelangga Pada Pelanggan Commuter line (Studi Pada Pelanggan Kereta Commuter Line Jabodetabek). Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9946/1/2024%20Ade%20Yuliana%20Sahfitri%20021120101%20ABSTRAK.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9946/2/2024%20Ade%20Yuliana%20Sahfitri%20021120101%20DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9946/3/2024%20Ade%20Yuliana%20Sahfitri%20021120101%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9946/4/2024%20Ade%20Yuliana%20Sahfitri%20021120101%20BAB%20%281%29.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9946/5/2024%20Ade%20Yuliana%20Sahfitri%20021120101%20BAB%20%282%29.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9946/6/2024%20Ade%20Yuliana%20Sahfitri%20021120101%20BAB%20%283%29.pdf