<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Tiktok Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Vlll SMP Negeri 2 Ciomas Bogor."^^ . "Adinda Suci Permata Ardiantini Puteri: Penerapan Media Pembelajaran\r\nBerbasis Aplikasi Tiktok dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa\r\nKelas VIII Smp Negeri 2 Ciomas, Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa\r\ndan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas\r\nPakuan, 2023.\r\nKeterampilan berbicara merupakan kemampuan menyampaikan suatu ide, pikiran,\r\ndan segala macam bentuk gagasan secara lisan dengan penyampaian yang baik dan\r\nmudah dipahami oleh orang lain. Kemampuan berbicara perlu dilatih secara rutin\r\nuntuk menjadikannya sebagai suatu keterampilan sehingga sampai saat ini masih\r\nrendahnaya keterampilan berbicara peserta didik dalam pembelajaran. Perlunya\r\npembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk melatih dan membentuk keterampilan\r\nberbicara peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keterampilan\r\nberbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ciomas Bogor dalam meningkatkan\r\nketerampilan berbicara khususnya pada materi teks berita. Metode yang digunakan\r\ndalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang\r\ndigunakan yaitu tes dan angket. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan\r\nteknik random sampling yaitu menjadi dua kelas kelas eksperimen dan kelas\r\nkontrol. Penelitian ini dilakukan pada tiga pertemuan yaitu pemberian pretest,\r\npemberian perlakuan¸dan posttest. pada kelas eksperimen perlakuan yang diberikan\r\nyaitu menggunakan media berbasis aplikasi TikTok dalam mengomunikasikan teks\r\nberita. Hipotesis pertama yaitu penerapan aplikasi TikTok dapat meningkatkan\r\nketerampilan berbicara khususnya dalam mengomunikasikan teks berita terbukti\r\nberhasil dan dapat diuji kebenarannya. Berdasarkan hasil perhitungan perbandingan\r\nmean menggunakan rumus t-test, diperoleh nilai thitung = 6,41 sedangkan tt (ttabel)\r\n=2,66 dan 1,67 maka to (thitung) lebih besar dari tt (ttabel) dari taraf signifikan 1%\r\nmaupun 5% sehingga hasilnya dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.\r\nKemudian, hipotesis kedua dapat diterima kebenarannya dengan 30 siswa\r\nmenyatakan mengalami kendala dalam mengomunikasikan teks berita, namun\r\ndapat terselesaikan dengan penerapan aplikasi TikTok. Sebanyak 27 siswa dengan\r\npersentase 84% menganggap aplikasi TikTok dapat meningkatkan keterampilan\r\nmengomunikasikan teks berita. Siswa juga tidak memiliki kendala dalam penerapan\r\naplikasi TikTok dalam pembelajaran teks berita yaitu dibuktikan dengan 29 siswa\r\ndengan persentase 91% merasa penerapan aplikasi TikTok membantu siswa dalam\r\nmengomunikasikan teks berita.\r\nKata kunci: keterampilan berbicara, teks berita, aplikasi TikTok"^^ . "2023" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PBS. Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Nurjaman"^^ . "Aam"^^ . "Nurjaman Aam"^^ . . "Chodijah"^^ . "Siti"^^ . "Chodijah Siti"^^ . . "Suci Permata Ardiantini Puteri"^^ . "Adinda"^^ . "Suci Permata Ardiantini Puteri Adinda"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Tiktok Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Vlll SMP Negeri 2 Ciomas Bogor. (Text)"^^ . . . "Adinda Suci Permata 032119022.pdf"^^ . . "HTML Summary of #9949 \n\nPenerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Tiktok Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Vlll SMP Negeri 2 Ciomas Bogor.\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA" . .