TY - THES ID - eprintsunpak9949 A1 - Adinda, Suci Permata Ardiantini Puteri PB - Universitas Pakuan Y1 - 2023/// N2 - Adinda Suci Permata Ardiantini Puteri: Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Tiktok dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII Smp Negeri 2 Ciomas, Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2023. Keterampilan berbicara merupakan kemampuan menyampaikan suatu ide, pikiran, dan segala macam bentuk gagasan secara lisan dengan penyampaian yang baik dan mudah dipahami oleh orang lain. Kemampuan berbicara perlu dilatih secara rutin untuk menjadikannya sebagai suatu keterampilan sehingga sampai saat ini masih rendahnaya keterampilan berbicara peserta didik dalam pembelajaran. Perlunya pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk melatih dan membentuk keterampilan berbicara peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ciomas Bogor dalam meningkatkan keterampilan berbicara khususnya pada materi teks berita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan angket. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik random sampling yaitu menjadi dua kelas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan pada tiga pertemuan yaitu pemberian pretest, pemberian perlakuanždan posttest. pada kelas eksperimen perlakuan yang diberikan yaitu menggunakan media berbasis aplikasi TikTok dalam mengomunikasikan teks berita. Hipotesis pertama yaitu penerapan aplikasi TikTok dapat meningkatkan keterampilan berbicara khususnya dalam mengomunikasikan teks berita terbukti berhasil dan dapat diuji kebenarannya. Berdasarkan hasil perhitungan perbandingan mean menggunakan rumus t-test, diperoleh nilai thitung = 6,41 sedangkan tt (ttabel) =2,66 dan 1,67 maka to (thitung) lebih besar dari tt (ttabel) dari taraf signifikan 1% maupun 5% sehingga hasilnya dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Kemudian, hipotesis kedua dapat diterima kebenarannya dengan 30 siswa menyatakan mengalami kendala dalam mengomunikasikan teks berita, namun dapat terselesaikan dengan penerapan aplikasi TikTok. Sebanyak 27 siswa dengan persentase 84% menganggap aplikasi TikTok dapat meningkatkan keterampilan mengomunikasikan teks berita. Siswa juga tidak memiliki kendala dalam penerapan aplikasi TikTok dalam pembelajaran teks berita yaitu dibuktikan dengan 29 siswa dengan persentase 91% merasa penerapan aplikasi TikTok membantu siswa dalam mengomunikasikan teks berita. Kata kunci: keterampilan berbicara, teks berita, aplikasi TikTok AV - public M1 - Skripsi TI - Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Tiktok Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Vlll SMP Negeri 2 Ciomas Bogor. UR - http://eprints.unpak.ac.id/9949/ ER -