eprintid: 9958 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/99/58 datestamp: 2025-10-08 04:51:46 lastmod: 2025-10-08 04:51:46 status_changed: 2025-10-08 04:51:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aina, Mutmaina creators_NPM: 037121082 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Yuli, Mulyawati contributors_name: Aip, M. Irpan contributors_NIDN: 0417057704 contributors_NIDN: 0411117910 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: Pengembangan video pembelajaran anmasi menggunakan aplikasi rendesforest pada materi sikapku terhadap keberagaman budaya : pendekatakan research and development (R&D) Pada peserta didik kelas VI sekolah dasar negri wanaherang 02 kabupaten bogor semester genap tahun pelajaran 2024/2025 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Aina Mutmaina. 037121082. Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Menggunakan Aplikasi Renderforest Pada Materi Sikapku Terhadap Keberagaman Budaya Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Wanaherang 02 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development yang mengikuti langkah-langkah model ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, lembar instrumen berupa angket respon peserta didik dan pendidik, serta soal pre-test dan post-test.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan video pembelajaran animasi menggunakan aplikasi Renderforest pada materi Sikapku terhadap Keberagaman Budaya, serta untuk menilai kelayakan dan keefektifan video pembelajaran tersebut dalam mendukung proses pembelajaran. Subjek penelitian terdiri atas tiga pihak, yaitu 4 validator ahli, 1 guru kelas IV, dan 23 peserta didik SDN Wanaherang 02. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah video pembelajaran animasi menggunakan aplikasi Renderforest yang dikembangkan melalui uji validasi oleh ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi, serta diuji kelayakannya melalui angket respon peserta didik dan keefektifannya melalui hasil pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji kelayakan, persentase yang diperoleh adalah sebagai berikut: ahli media 94%, ahli bahasa 100%, dosen ahli materi 96%, dan guru ahli materi 98%. Selain itu, berdasarkan uji coba terbatas pada 23 peserta didik kelas IV, produk memperoleh kategori sangat layak dengan persentase 98%. Uji keefektifan juga menunjukkan peningkatan, dengan skor pre-test sebesar 64,7% dan post-test sebesar 92,1%. Dapat disimpulkan bahwa produk video pembelajaran animasi menggunakan aplikasi Renderforest ini sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran Animasi, Renderforest date: 2025 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Aina, Mutmaina (2025) Pengembangan video pembelajaran anmasi menggunakan aplikasi rendesforest pada materi sikapku terhadap keberagaman budaya : pendekatakan research and development (R&D) Pada peserta didik kelas VI sekolah dasar negri wanaherang 02 kabupaten bogor semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9958/1/SKRIPSI%20BAB%201-5%20pdf%20aina%20_removed-1-121_compressed.pdf