eprintid: 9963 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/99/63 datestamp: 2025-10-08 04:53:27 lastmod: 2025-10-08 04:53:27 status_changed: 2025-10-08 04:53:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Briliantine, Siti Nur Azizah creators_NPM: 036121020 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Eka, Suhardi contributors_name: M. Taufik, Awaludin contributors_NIDN: 0416076701 contributors_NIDN: 0415098805 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: Pengembangan Media Virtual Lab Berbasis Aplikasi Adobe Animate Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: Materi sistem peredaran darah manusia merupakan salah satu topik yang kompleks dan memerlukan pemahaman visual serta konseptual yang tinggi. Namun, media pembelajaran yang digunakan di sekolah masih bersifat satu arah dan kurang interaktif, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Virtual Lab berbasis aplikasi Adobe Animate guna meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas VIII E SMP Rimba Teruna. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, angket respon siswa dan guru, serta lembar validasi media dan materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Virtual Lab berbasis aplikasi Adobe Animate sangat valid menurut ahli media (96,36%) dan ahli materi (92,50%). Peningkatan hasil belajar dianalisis menggunakan N-Gain sebesar 0,71 termasuk dalam kategori “tinggi”, uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi 0,001 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara pretest dan posttest. Respon guru dan siswa terhadap media juga sangat positif, dengan persentase kepraktisan masing-masing 95,00% dan 91,29%, yang termasuk dalam kategori "sangat praktis". Maka, media Virtual Lab berbasis aplikasi Adobe Animate ini terbukti layak, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah manusia. Kata Kunci: Adobe Animate, Hasil Belajar, Sistem Peredaran Darah Manusia, date: 2025 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Briliantine, Siti Nur Azizah (2025) Pengembangan Media Virtual Lab Berbasis Aplikasi Adobe Animate Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9963/1/BRILIANTINE%20SITI%20NUR%20AZIZAH.pdf