eprintid: 9965 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/99/65 datestamp: 2025-10-08 04:54:01 lastmod: 2025-10-08 04:54:01 status_changed: 2025-10-08 04:54:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nur, Islamiati creators_NPM: 036114045 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Teti, Rostikawati contributors_name: Rita, Istiana contributors_NIDN: 0018046003 contributors_NIDN: 0413018604 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining dan Group Investigation ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa antara model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dan Group Investigation pada materi Protista dan Jamur (Fungi). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April- November 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 dan MIPA 3 di SMA Negeri 1 Ciampea tahun akademik 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Purposive. Sampel untuk kelas eksperimen adalah kelas XI MIA 1 yang diberikan perlakuan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dengan jumlah 30 siswa, dan XI MIA 3 yang diberikan model pembelajaran Group Investigation dengan jumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil ujit pada taraf signifikan α = 0,05 pada ranah kognitif diperoleh thitung 5,79 sedangkan ttabel sebesar = 0,99 sehingga diperoleh nilai t hitung > t table, dengan demikian hipotesis nol (HO) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Bedasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat sismpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa antara model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dan Group Investigation. Hasil belajar biologi kelompok Group Investigation lebih baik dibandingkan dengan kelompok kelas Student Facilitator And Explaining , hal tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata aspek kognitif dari masing masing model pembelajaran. Kata kunci : Model pembelajaran Facilitator And Explaining Dan Group Investigation, Hasil belajar date: 2025 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Nur, Islamiati (2025) Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining dan Group Investigation. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9965/1/NUR%20ISLAMIATI.pdf