@phdthesis{eprintsunpak9968, title = {Pengembangan media e-magazine biogeokimia berbasis sets untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis.}, author = {Raihana Naura}, school = {Universitas Pakuan}, year = {2025}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/9968/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran biogeokimia menggunakan e-magazine berbasis pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS). Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R\&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas X IPA di SMA Negeri 1 Ciawi. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest menggunakan soal esai berdasarkan lima indikator berpikir kritis: interpretasi, analisis, inferensi, evaluasi, dan eksplanasi. Hasil menunjukkan peningkatan skor rata-rata dari 48,75 menjadi 78,13. Seluruh indikator mengalami peningkatan kategori: analisis dan evaluasi mencapai kategori sangat tinggi, sementara indikator lainnya berada pada kategori tinggi. Hasil N-Gain sebesar 0,60 dengan kategori sedang. Media e-magazine terbukti mampu mengaitkan materi biogeokimia dengan konteks nyata secara interaktif, sehingga mendorong siswa untuk berpikir kritis dan memahami konsep secara mendalam. Pembelajaran berbasis SETS juga memberi ruang untuk eksplorasi mandiri dan keterlibatan aktif siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa e-magazine berbasis SETS efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar, serta berkontribusi dalam penyediaan media pembelajaran inovatif untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan sains di Indonesia. Kata Kunci: Biogeokimia, Berpikir Kritis, SETS, E-Magazine} }