eprintid: 9969 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/99/69 datestamp: 2025-10-08 04:54:41 lastmod: 2025-10-08 04:54:41 status_changed: 2025-10-08 04:54:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Vina, Vironika creators_NPM: 036121017 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: M. Taufik, Awaludin contributors_name: Rifki, Risma Munandar contributors_NIDN: 0415098805 contributors_NIDN: 0415129005 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: Pengembangan E-Book Klasifikasi Tumbuhan Berbasis Teknologi Viasualisasi Interaktif Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: Rendahnya literasi sains siswa di Indonesia, khususnya dalam materi klasifikasi tumbuhan, menuntut inovasi media pembelajaran yang lebih interaktif dan mudah diakses. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-book berbasis teknologi visualisasi interaktif untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP pada materi klasifikasi tumbuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen penelitian terdiri dari validasi ahli, angket respon siswa dan guru, serta tes literasi sains menggunakan desain one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) e-book yang dikembangkan memperoleh kategori sangat layak dari hasil validasi ahli materi (89%) dan media (92%), (b) mendapat respon sangat positif dari siswa (88%) dan guru (91%), (c) uji efektivitas menggunakan N-Gain menunjukkan peningkatan literasi sains siswa dengan rata-rata skor N-Gain sebesar 0,72 (kategori tinggi), dan (d) hasil uji homogenitas menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti varians data tidak homogen. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Kesimpulannya, e-book klasifikasi tumbuhan berbasis visualisasi interaktif efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa SMP. Saran dalam penelitian ini adalah agar pengembangan e-book serupa dapat dilakukan pada materi lain dan diintegrasikan dengan fitur interaktif tambahan, seperti video atau simulasi, guna mendukung pembelajaran abad 21 dan meningkatkan motivasi serta pemahaman siswa terhadap materi biologi secara lebih menyeluruh. Kata Kunci: E-Book Interaktif, Klasifikasi Tumbuhan, Literasi Sains date: 2025 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Vina, Vironika (2025) Pengembangan E-Book Klasifikasi Tumbuhan Berbasis Teknologi Viasualisasi Interaktif Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9969/1/VINA%20VIRONIKA.pdf