eprintid: 9992 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/99/92 datestamp: 2025-10-08 05:02:05 lastmod: 2025-10-08 05:02:05 status_changed: 2025-10-08 05:02:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Eka, Pertiwi creators_NPM: 036113052 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Surti, Kurniasih contributors_name: Triasianingrum, Triasianingrum contributors_NIDN: 0031086201 contributors_NIDN: 0018045502 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: enerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning Dengan Menggunakan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi : Penelitian Tindakan Kelas di SMA Negeri 11 Kabupaten Tangerang ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: Eka Pertiwi, 036113052 Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning Dengan Menggunakan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi, Universitas Pakuan,Bogor. Dibawah Bimbingan Dr. Surti Kurniasih, M.Si. dan Dra. Triasianingrum Afrikani, S.U Peneltian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer dan objek yang diteliti. Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi, melalui model pembelajaran BBL dan media Ular Tangga. Penelitian ini dilakukan dikelas XI - IPA 2 SMA Negeri 11 Kabupaten Tangerang yang terdiri dari 43 siswa. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus. Dalam setiap siklus terdapat 4 tahapan antara lain: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pada setiap akhir siklus dilaksanakan evaluasi dengan instrumen yang telah divalidasi dan diuji reliabilitasnya. Hasil evaluasi menunjukan adanya peningkatan pada setiap siklus. siklus I yaitu 53,49% dan siklus II adalah 76,74% yang sesuai dengan pencapaian KKM sebesar 75 Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) dengan menggunakan Media Ular Tangga dapat meningkatkan hasil belajar Biologi pada materi Sistem Gerak dan Sistem Peredaran Darah Manusia. Kata kunci : Hasil belajar, Brain Based Learning (BBL) dan Media Ular Tangga. date: 2018 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Eka, Pertiwi (2018) enerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning Dengan Menggunakan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi : Penelitian Tindakan Kelas di SMA Negeri 11 Kabupaten Tangerang. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9992/1/Eka%20Pertiwi.pdf