eprintid: 9993 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/99/93 datestamp: 2025-10-08 05:02:21 lastmod: 2025-10-08 05:02:21 status_changed: 2025-10-08 05:02:21 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Iwan, Ridwansyah creators_NPM: 036111075 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Surti, Kurniasih contributors_name: Susi, Sutjihati contributors_NIDN: 0031086201 contributors_NIDN: 0023095804 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan hasil Belajar Biologi. ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: IWAN RIDWANSYAH. 036111075. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan hasil Belajar Biologi. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Surti Kurniasih, M.Si. dan Dra. Susi Sutjihati, M.Si. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian sebanyak 38 siswa kelas X-MIA1. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi yang meliputi ranah kognitif, dan ranah afektif. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap akhir siklus dilakukan evaluasi dengan instrumen yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi. Nilai rata-rata siswa sebelum dilakukannya penelitian sebesar 68 dengan persentase pencapaian KKM 53%, Pada siklus pertama nilai rata-rata hasil belajar ranah kognitif meningkat manjadi 70.20 dengan persentase pencapaian KKM 65.78%, siklus kedua nilai rata-rata meningkat kembali menjadi 76.89 dengan persentase pencapaian KKM 81.57%. Hasil belajar ranah afektif siklus pertama sebesar 74.91 dengan persentase pencapaian 68.42%, dan meningkat pada siklus kedua sebesar 80.49 dengan persentase pencapaian 84.21%. Aktivitas siswa pada siklus 1 pertemuan 1 mencapai 71.06%, dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi 74.86%. Pada siklus 2 pertemuan 1 mencapai 78.66% dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi 82.75%. Berdasarkan hasil yang dicapai, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa di kelas X-MIA1 MAN Cijeruk Bogor. date: 2018 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Iwan, Ridwansyah (2018) Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan hasil Belajar Biologi. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9993/1/IWAN%20RIDWANSYAH.pdf