<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning \"PJBL\" dan Game Based Learning \"GBL\" terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia."^^ . "LEGITA FAJRIN OKTAVIAYU. 036119004. Pengaruh Model Pembelajaran\r\nProject Based Learning (PjBL) dan Game Based Learning (GBL) Terhadap\r\nKeterampilan Kolaborasi Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia.\r\nSkripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di Bawah Bimbingan Dr. Rita Retnowati.\r\nM.S. dan Lufty Hari Susanto, M.Pd.\r\nPenelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang muncul pada proses\r\npembelajaran yakni guru belum mengoptimalkan penggunaan model pembelajaran\r\nyang inovatif untuk siswa selama kegiatan pembelajaran di kelas dan keterampilan\r\nkolaborasi antar siswa belum dilatih dengan baik, terutama pada kegiatan diskusi\r\nkelompok yang dimana siswa belum berkontribusi secara aktif dan menunjukkan\r\ntanggung jawab. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan\r\nketerampilan kolaborasi siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Project\r\nBased Learning (PjBL) dan Game Based Learning (GBL) pada materi sistem\r\nreproduksi manusia. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen.\r\nPenelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember sampai dengan Juni 2018.\r\nPopulasinya adalah siswa kelas XI MIPA di MAN 02 Kota Bogor Tahun akademik\r\n2022/2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling.\r\nSampel untuk kelas eksperimen adalah kelas XI MIPA 6 yang diberikan perlakuan\r\nmodel pembelajaran PjBL dan XI MIPA 7 yang diberikan perlakuan model\r\npembelajaran GBL dengan jumlah siswa pada masing-masing kelas sebanyak 36\r\nsiswa. Perolehan nilai rata-rata indikator keterampilan kolaborasi pada model\r\npembelajaran PjBL diperoleh hasil sebesar 74 dan pada model pembelajaran GBL\r\ndiperoleh hasil sebesar 79. Berdasarkan hasil uji-t pada taraf signifikansi α = 0,05\r\ndiperoleh nilai sig. sebesar 0,001 sehingga diperoleh nilai sig < α (0,05), dengan\r\ndemikian hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima.\r\nBerdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa\r\nterdapat perbedaan keterampilan kolaborasi siswa terhadap penggunaan model\r\npembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Game Based Learning (GBL)\r\npada materi sistem reproduksi manusia.\r\nKata Kunci: Keterampilan Kolaborasi, Project Based Learning (PjBL), Game\r\nBased Learning (GBL)"^^ . "2023" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Pendidikan Biologi, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Retnowati"^^ . "Rita"^^ . "Retnowati Rita"^^ . . "Hari Susanto"^^ . "Lufty"^^ . "Hari Susanto Lufty"^^ . . "Fajrin Oktaviayu"^^ . "Legita"^^ . "Fajrin Oktaviayu Legita"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Biologi"^^ . . . . . . . "Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning \"PJBL\" dan Game Based Learning \"GBL\" terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. (Text)"^^ . . . "Legita Fajrin.pdf"^^ . . "HTML Summary of #9995 \n\nPengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning \"PJBL\" dan Game Based Learning \"GBL\" terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia.\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BIOLOGI" . .