eprintid: 9997 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/99/97 datestamp: 2025-10-08 05:03:46 lastmod: 2025-10-08 05:03:46 status_changed: 2025-10-08 05:03:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Linda, Suminar creators_NPM: 036113016 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rita, Retnowati contributors_name: Susi, Sutjihati contributors_NIDN: 0422056401 contributors_NIDN: 0023095804 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: Perbedaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: LINDA SUMINAR. 036113016. Perbedaan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Hj. Rita Retnowati, M.S dan Dra. Susi Sutjihati, M.Si. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil penguasaan konsep siswa antara model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Desember 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Cileungsi tahun akademik 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel untuk kelas eksperimen adalah kelas VIII.4 yang diberikan perlakuan model pembelajaran Discovery Learning dengan jumlah 45 siswa, dan VIII.5 yang diberikan perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan jumlah 46 siswa. Berdasarkan hasil uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 pada ranah kognitif diperoleh thitung 3,50 sedangkan ttabel sebesar 1,99 sehingga diperoleh nilai thitung ˃ ttabel dengan demikian hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil penguasaan konsep siswa antara model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem pencernaan manusia. Hasil penguasaan konsep siswa kelompok Problem Based Learning (PBL) lebih baik dibandingkan dengan kelompok kelas Discovery Learning. Hal ini dapat terlihat dari rata-rata skor N-Gain pada kelompok kelas Problem Based Learning (PBL) sebesar 71,8 sedangkan pada kelompok kelas Discovery Learning sebesar 62,4. Kata kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Problem Based Learning (PBL), Penguasaan Konsep. date: 2017 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Linda, Suminar (2017) Perbedaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9997/1/Linda%20Suminar.pdf