Puspitasari, Desy and Laihad, Griet Helena and Mulyawati, Yuli (2021) PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Studi ini menggunakan Pendekatan Penelitian Kausal pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kotabatu 08 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
2021PGSD DESY P.pdf Download (66kB) |
Abstract
ABSTRAK Desy Puspitasari. 037117185. Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika kelas V Sekolah Dasar Negeri Kotabatu 08 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor. Populasi dari penelitian ini adalah 66 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil analisis diperoleh koefisien jalur (rxy) 0,382 dalam pola yang berarti tingkat pengaruh dalam penelitian ini tergolong rendah. Besar pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika ditujukkan pada koefisien determinasi (r2) 0,146 atau 14,6% dan sisanya 85,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Adapun perhitungan pengujian hipotesis menghasilkan thitung 2,548 > ttabel 2,101 dengan taraf nyata 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar matematika pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Kotabatu 08 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Semester Genap Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci : Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 28 Aug 2022 13:46 |
Last Modified: | 17 Sep 2022 07:52 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/1435 |
Actions (login required)
View Item |