Analisis Strategi Pemasaran Usaha Pembuatan Tahu pada Perajin Tahu Bandung di Kec. Jampang Tengah, Sukabumi (studi kasus pada CV. Lusia Abadi)

Fitriani, Lusi and Hartini, Sri and Wihartika, Doni (2021) Analisis Strategi Pemasaran Usaha Pembuatan Tahu pada Perajin Tahu Bandung di Kec. Jampang Tengah, Sukabumi (studi kasus pada CV. Lusia Abadi). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
done 2021 Analisis Strategi Pemasaran Usaha Pembuatan Tahu pada PerajinTahu Bandung di Kec. Jampang Tengah Sukabumi (StudiKasuspada CV. Lusia Abadi) Lusi Fitriani 021116319.pdf

Download (4MB)

Abstract

LUSI FITRIANI NPM 021116319. Analisis Strategi Pemasaran Usaha Pembuatan Tahu pada Perajin Tahu Bandung di Kec. Jampang Tengah, Sukabumi (studi kasus pada CV. Lusia Abadi). Skripsi. Prodi Manajemen Konsentrasi Manajeamen Pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan. Di bawah bimbingan SRI HARTINI dan DONI WIHARTIKA. 2021. Kebijakan pemerintah terkait new normal pasca Covid-19 ini berfokus pada 3 Aspek salah satunya kesehatan. Upaya pengendalian penyebaran dapat dilakukan oleh seluruh individu masyarakat dengan mengonsumsi makanan sehat yang memenuhi gizi seimbang seperti protein nabati yakni tahu. Menurut Badan Pusat Statistik konsumsi tahu masyarakat Indonesia perkapita pertahun baik dalam jumlah gram atau kilo gram meningkat tiap tahunnya. Semakin meningkatnya jumlah konsumsi menjadi peluang besar bagi produsen dan seharusnya dapat meningkatkan penjualan. Tapi nyatanya penjualan perusahaan dalam dua tahun terakhir mengalami penurunan berbanding terbalik dengan kompetitornya yang mengalami peningkatan tiap tahunnya. Maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi dari perusahaan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan permasalahan yang dihadapi yaitu menurunnya penjualan dalam dua tahun terakhir, mengetahui faktor eksternal dan intenal perusahaan lalu merumuskan alternatifstrategi apa yang cocok untuk diaplikasikan pada perusahaan guna meningkatkan penjualan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif (eksploratif) kualitatif berupa studi kasus mengenai analisis strategi pemasaran tahu pada CV. Lusia Abadi. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi langsung untuk mendapatkan data primer dan pengumpulan data sekunder dari berbagai literatur. Hasil analisis strategi pemasaran CV. Lusia Abadi diperoleh berdasarkan hasil dari matriks EFE bahwa faktor strategis yang merupakan peluang terbesar dan saling berpengaruh pada CV. Lusia Abadi yaitu pola konsumsi tahu yang sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia dengan skor 0.472, sedangkan faktor yang menjadi ancaman utama adalah munculnya kompetitor baru dengan kualitas produk yang sama dan harga yang lebih murah dengan skor 0.4256. Berdasarkan matriks IFE kekuatan yang harus dipertahankan adalah kualitas produk yang baik dengan skor 0.48, sedangkan kelemahannya adalah pemasok bahan baku yang jauh dari lokasi produksi sehingga membutuhkan biaya transportasi yang besar dengan jumlah skor 0.4332. Berdasarkan matriks SWOT, strategi SO yaitu melakukan penetrasi pasar. Strategi WO yaitu dengan membuat kanal media online sebagai media promosi, memperbaiki sistem keuangan, memperbaiki manajemen perencanaan dan memaksimalkan kapasitas produksi. Strategi ST yaitu mempertahankan kualitas tahu yang sudah sangat baik, membina hubungan yang baik dengan produsen produk pendukung, penyalur dan konsumen, dan menetapkan harga pasar untuk menghadapi persaingan dan strategi WT yaitu menjaga keharmonisan dengan SDM agar kualitas produk tetap baik sehingga tidak khawatir dengan ancaman pendatang baru. Berdasarkan Product Life cycle (PLC) yang dianalisis, posisi perusahaan CV. Lusia Abadi berada pada posisi sumbu Maturity yang hampir mendekati sumbu Decline. Itu akan sangat berbahaya jika CV. Lusia Abadi tidak dapat bertahan di posisinya saat ini maka ia akan tergantikan oleh Challengernya. Jadi dapat disimpulkan bahwa industri tahu terus tumbuh. Perusahaan harus bisa beradaptasi dalam menghadapi persaingan yang ditimbulkan kompetitornya juga menjalankan alternatif strategi yang dihasilkan agar tetap bertahan dan dapat terus meningkatkan penjualan perusahaan. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, EFE&IFE, SWOT, dan PLC.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 14:01
Last Modified: 29 Aug 2022 14:01
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2244

Actions (login required)

View Item View Item