Santoso, Joko and Pursitasari, Indarini Dwi and Novita, Lina (2021) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Ciampea Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
2021 PGSD JOKO SANTOSO.pdf Download (56kB) |
Abstract
Joko Santoso 037116131. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Kemandirian Belajar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan. Bogor. 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif pengaruh disiplin belajar terhadap kemandirian belajar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA dan IV B Sekolah Dasar Negeri 01 Ciampea kabupaten Bogor yang terdiri dari 41 responden. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap kemandirian belajar, ditunjukan dengan analisis statistic yang menghasilkan harga koefisien (rxy) sebesar 0,41. Ini menunjukan adanya pengaruh disiplin belajar terhadap kemandirian belajar sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,1681 atau sebesar 16,81%. Hal ini berarti nilai disiplin belajar terhadap kemandirian belajar sebesar 16,81% ditentukan faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antaran disiplin belajar terhadap kemandirian belajar. Hal ini berarti untuk meningkatkan kemandirian belajar harus meningkatkan disiplin belajar. Kata Kunci : Disiplin belajar, Kemandirian belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 12:08 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 12:08 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/240 |
Actions (login required)
View Item |