PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar Negeri Cibereum 2 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022

Alghifari, Muh. Fahmi and Badruzzaman, Nedin and Mirawati, Mira (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar Negeri Cibereum 2 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2021 PGSD FAHMI.pdf

Download (152kB)

Abstract

Muhamad Fahmi Alghifari, 037116047. Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Subtema Perkembangan Teknologi Komunikasi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar subtema perkembangan teknologi komunikasi melalui model Discovery Learning. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cibeureum 2 Kota Bogor Kelas III A, dan III B pada bulan Agustus sampai September semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Perhitungan N-Gain model Discovery Learning sebesar 77 dengan kriteria tinggi, dan N�Gain model konvensional sebesar 65 dengan kriteria tinggi. Sehingga N-Gain pada kelas eksperimen dengan model Discovery Learning lebih besar dibandingkan kelas model konvensional. Peneliti juga melakukan uji normalitas dengan uji liliefors. Kedua sampel berdistribusi normal karena nilai kedua sampel lebih kecil dari Ltabel pada kelompok kelas Discovery Learning didapat nilai Lhitung Ltabel yaitu 0,089 0,173, pada kelompok kelas kontrol didapat nilai Lhitung Ltabel yaitu 0,073 0,173. Kemudian pada uji homogenitas data tersebut bersifat homogen karena Fhitung F tabel, didapatkan nilai 1,43 2,12. Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan thitung sebesar 2,51 lebih besar dari ttabel sebesar 2,02108, Menunjukan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan penelitian diatas, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar subtema perkembangan teknologi komunikasi melalui penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 14:26
Last Modified: 29 Aug 2022 14:26
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2457

Actions (login required)

View Item View Item