Analisis Faktor Penyebab Keelakaan Lalu Lintas di Ruas Jalan Raya Puncak Bogor (Studi Kasus: Ruas Jalan Gadog - Puncak Pas)

Nasution, Aswan Efendi and Rahmah, Andi and Arief, Budi (2019) Analisis Faktor Penyebab Keelakaan Lalu Lintas di Ruas Jalan Raya Puncak Bogor (Studi Kasus: Ruas Jalan Gadog - Puncak Pas). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Aswan Efendi Nasution 053112014_cover.pdf

Download (193kB)
[img] Text
Aswan Efendi Nasution 053112014_pengesahan.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Aswan Efendi Nasution 053112014_abstrak.pdf

Download (297kB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi di Indonesia semakin membaik diikuti dengan perkembangan insdustri perakitan kendaraan bermotor yang berkembang begitu pesat. Hal tersebut memberikan dampak yang cukup besar bagi kegiatan lalu lintas di Jalan Raya Gadog Puncak. Dengan meningkatnya produksi kendaraan bermotor, tidak jarang di jumpai masalah-masalah yang timbul pada lalu lintas jalan raya. Kondisi lalu lintas jalan raya yang begitu ramai sehingga sering mengakibatkan kemacetan dan kecelakaan. Angka kecelakaan di Indonesia tiap tahunnya mengalami peningkatan. Perilaku pengguna jalan, kendaraan yang dipakai, kondisi fisik serta lingkungan merupakan faktor-faktor yang menyababkan kecelakaan dapat terjadi. Dalam analisis faktor penyebeb kecelakaan lalu lintas di ruas jalan raya puncak bogor dengan metode tabulasi sederhana untuk mengetahui faktor faktor yang dapat mencegah atau mengurangi kecelakaan. Dari analisis ini dapat diketahui dimana lokasi yang sering terjadi kecelakaan (Black spot area). Juga dapat diambil apa saja yang menjadi penyebab kecelakaan, jumlah korban, waktu kecelakaan, tipe kecelakaan, kendaraan apa saja yang terlibat, dan bagaimana cara untuk mencegah / mengurangi jumlah kecelakaan tersebut. Sumber yang dipakai dalam analisis ini adalah bersumber dari data sekunder, yaitu data dari laporan kepolisian yang dituangkan dalam grafik- grafik kecelakaan. Dari analisis detail didapat lokasi yang sering terjadi kecelakaan di tanjakan selarong. Kendaraan R4 yang sering terjadi kecelakaan dengan (47.06%), korban luka ringan ( 54.55%), tipe tabrakan depan-depan (33.33 %), waktu kecelakaan jam 12.00 - 18.00 ( 44.44%). Penyebab kecelakaan manusia dengan (77.78%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Teknik > TEKNIK SIPIL
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS TEKNIK UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 14:47
Last Modified: 29 Aug 2022 14:47
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2631

Actions (login required)

View Item View Item