Al Aminy, Ibrahim and Alamsyah, Feri Ferdinan and Duryatmo, Sardi (2020) SIMBOLISASI ILUMINATI PADA VIDEO KLIP KESHA ROSE VERSI 'DIE YOUNG'. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
CamScanner 08-29-2022 14.21.pdf - Published Version Download (877kB) |
Abstract
Simbol adalah hal-hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Banyak simbol atau tanda yang digunakan oleh seseorang atau kelompok untuk memberikan pesan dan maksud tertentu kepada masyarakat, salah satunya melalui lagu dan video klip. Video klip "Die Young" milik Kesha Rose merupakan video klip yang memiliki pesan dan simbol-simbol iluminati yang sangat mencolok. Alasan penulis mengambil penelitian ini karena video klip "Die Young" memiliki simbol-simbol iluminati dan adegan seks yang sangat terbuka dalam beberapa adegan. Keberadaan simbol-simbol tersebut merupakan alat untuk menyampaikan tujuan dari kelompok Iluminati. Hal ini menjadi daya tarik untuk meneliti video klip yang berhubungan dengan simbol Iluminati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna simbol Iluminati dalam video klip "Die Young". Sumber data dalam penelitian ini menggunakan metode obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber yang peneliti pilih untuk penelitian ini yaitu tokoh Agama, Sejarawan, dan Sutradara Video Klip. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Charles Sanders Peirce yaitu semiotika berangkat dari tiga elemen utama yang disebut pierce sebagai teori segitiga makna atau Triangle Meaning Theory.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Penyiaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 14:55 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 14:55 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2704 |
Actions (login required)
View Item |