ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PEMBELAJARAN TEKS NARASI (CERITA FANTASI) KELAS VII SMP NEGERI 9 BOGOR

Gustiani, Radila Dwi and Mahajani, Tri and Mubarock, Wildan Fauzi (2020) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PEMBELAJARAN TEKS NARASI (CERITA FANTASI) KELAS VII SMP NEGERI 9 BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PBSI RADILA.pdf

Download (116kB)

Abstract

Radila Dwi Gustiani: Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Teks Narasi (fantasi) Siswa kelas VII SMP Negeri 9 Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian langkah-langkah model pembelajaran Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Teks Narasi (fantasi) Siswa kelas VII SMP Negeri 9 Bogor. RPP atau rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan suatu rencana yang dibuat oleh guru secara sistematis dengan mengacu pada silabus dan bertujuan untuk mencapai suatu kompetensi secara maksimal dan dapat diakui RPP merupakan suatu rencana yang diperlukan oleh seorang guru dalam kegiatan tatap muka dengan peserta didik untuk mempermudah proses belajar mengajar agar mencapai suatu kompetensi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data yang digunakan oleh peneliti berupa sebuah kalimat dan paragraf sesuai sintaks pada model pembelajaran Discovery Learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Teknik yang digunakan oleh peneliti, yaitu studi kepustakaan. Hasil analisis data pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) teks narasi (fantasi) siswa kelas VII SMP Negeri 9 Bogor dinyatakan telah sesuai dengan sintaks yang ada pada model Discovery Learning yang didalamnya terdiri atas stimulation, problem statement, data collection, data processing, verification, dan generalization. Dapat dijelaskan bahwa stimulation merupakan pemberi rangsangan kepada peserta didik, problem statement merupakan identifikasi masalah, data collection merupakan pengumpulan data, data processing merupakan pengolahan data, verification merupakan pembuktian, dan generalization merupakan simpulan. Kata Kunci: Discovery Learning, RPP, Teks Narasi (fantasi)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 15:06
Last Modified: 20 Sep 2022 03:59
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2753

Actions (login required)

View Item View Item