PENGARUH PESAN PERSUASIF PADA INSTAGRAM RADAR BOGOR TERHADAP PERSEPSI FOLLOWERS DALAM PEMANTAUAN PENGHITUNGAN SUARA PEMILU 2019

Virganata, Agung and NUGROHO, DAVID RIZAR and Adinugraha, Yogaprasta (2020) PENGARUH PESAN PERSUASIF PADA INSTAGRAM RADAR BOGOR TERHADAP PERSEPSI FOLLOWERS DALAM PEMANTAUAN PENGHITUNGAN SUARA PEMILU 2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
CamScanner 08-29-2022 15.33.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

AGUNG VIRGANATA 044115517, 2020. Pengaruh Pesan Persuasif pada Instagram Radar Bogor Terhadap Persepsi Followers dalam Pemantauan Penghitungan Suara Pemilu 2019. Program Studi Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Jurnalistik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan: Dr. David Rizar Nugroho, M. Si dan Yogaprasta Adi Nugraha, M. SL. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik followers pada instagram Radar Bogor, mengidentifikasi pesan persuasif pada instagram Radar Bogor, mengidentifikasi persepsi followers dalam memantau penghitungan suara Pemilu 2019, mendeskripsikan pengaruh karakteristik followers pada instagram Radar Bogor terhadap persepsi followers dalam pemantauan penghitungan suara Pemilu 2019, dan mendeskripsikan pengaruh pesan persuasif pada instagram Radar Bogor terhadap persepsi followers dalam pemantauan penghitungan suara Pemilu 2019. Penelitian ini menggunakan dua variabel bebas yaitu karakteristik individu dan pengaruh pesan persuasif, dan satu variabel terikat yaitu persepsi followers. Indikator yang digunakan untuk variabel karakteristik individu adalah usia, tingkat pendidikan, dan jenis pekerjaan, dan untuk variabel pengaruh pesan persuasif adalah isi pesan, struktur pesan, dan format pesan. Indikator yang digunakan untuk variabel persepsi followers yaitu stimulus, registrasi, interpretasi dan umpan balik. Penelitian ini dilakukan di Bogor Barat pada bulan Juni 2019 hingga Desember 2019. Penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dan memilih 100 orang yang menjadi followers Radar Bogor di instagram sebagai sampel. Teknik pengambilan yang digunakan adalah kuesioner, studi pustaka, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analasis statistik deskriptif dan analisis statistik non-parametrik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tingkat hubungan yang tinggi dan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh pesan persuasif pada instagram Radar Bogor dan persepsi followers dalam pemantauan penghitungan suara Pemilu 2019. Kata Kunci: Instagram Radar Bogor, Persepsi, Pesan Persuasif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Jurnalistik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 29 Aug 2022 15:11
Last Modified: 29 Aug 2022 15:11
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2788

Actions (login required)

View Item View Item