Praditya, Dimas Indar and Retnowati, Rita and Susanto, Lufty Hari (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS E-MAGAZINE PADA MATERI PENGAYAAN EKOSISTEM TENTANG ANCAMAN DAN MITIGASI BENCANA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
2020 BIOLOGI DIMAS INDAR.pdf Download (51kB) |
Abstract
Dimas Indar Praditya. 036116033. Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis E-Magazine pada Materi Pengayaan Ekosistem Tentang Ancaman dan Mitigasi Bencana untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Rita Retnowati, M.S. dan Lufty Hari Susanto, M.Pd. Indonesia merupakan salah satu negara dengan wilayah yang memiliki tingkat kerawanan bencana tinggi, termasuk juga daerah kabupaten/kota Bogor. Mengingat hal tesebut, sudah seharusnya siswa dibangun tingkat berpikir kritisnya melalui bidang pendidikan sebagai upaya mitigasi bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menganalisis penerapan media pembelajaran e-magazine agar efektif dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pengayaan ekosistem tentang ancaman danmitigasi bencana. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januarihingga Juni 2020. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa SMAN 4 Cibinong kelas X MIPA 1 tahun akademik 2019/2020 sebanyak 30 orang siswa. Pelaksanaan uji coba lapangan hanya dilakukan secara terbatas menggunakan desain penelitian one group pretest-postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran e-magazine yang dikembangkan memiliki kategori sangat layak. Hal ini didasarkan pada persentase penilaian oleh ahli materi sebesar 89,53% dan oleh ahli media sebesar 95,31%. Soal berpikir kritis yang telah di validasi juga memiliki kategori yang sangat valid dengan indeks aiken sebesar 0,81. Media pembelajaran e-magazine juga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dari taraf sedang menuju tinggi dengan persentase sebesar 20,20% dan rata-rata n-gain sebesar 0,52. Kata Kunci : E-Magazine, Mitigasi Bencana, Berpikir Kritis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 12:11 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 12:34 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/280 |
Actions (login required)
View Item |