PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK SECARA TERTULIS Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Grup Pada Peserta Didik Kelas V A dan V B Sekolah Dasar Negeri Pangkalan Jati 1 Kota Depok Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020

Nurmiyanti, Lutfi Indra and Muhajang, Tatang and Novita, Lina (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK SECARA TERTULIS Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Grup Pada Peserta Didik Kelas V A dan V B Sekolah Dasar Negeri Pangkalan Jati 1 Kota Depok Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PGSD LUTFI INDRA.pdf

Download (106kB)

Abstract

Lutfi Indra Nurmiyanti 037113392. Penggunaan Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Ketrampilan Menulis Teks Cerita Pendek Secara Tertulis (Studi pada Kelas V SDN Pangkalan Jati 1). Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hasil belajar melalui model Discovery Learning terhadap Ketrampilan Menulis Teks Cerita Pendek Secara Tertulis pada siswa Kelas V SDN Pangkalan Jati 1. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pangkalan Jati 1 kelas VA, dan VB semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, kemudian dilakukan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada uji normalitas kedua sampel berdistribusi normal karena Lhitung < Ltabel. Berdasarkan hasil pengumpulan data, pengolahan data, dan pembahasan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar Menulis Teks Cerita Pendek terhadap model Discovery Learning. Hal ini dilihat dari nilai N-Gain pada kelompok eksperimen sebesar 70,34 sedangkan kelompok konvensional mendapatkan nilai N-Gain sebesar 51,99. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (6,102) > ttabel (2,000). Kata Kunci: Discovery Learning, Ketrampilan Menulis, Teks Cerita Pendek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 30 Aug 2022 02:23
Last Modified: 20 Sep 2022 04:02
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/2972

Actions (login required)

View Item View Item