HUBUNGAN ANTARA MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Ikbari, Firyal Aulia and Sutisna, Entis and Istiana, Rita (2020) HUBUNGAN ANTARA MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020BIOLOGI FIRYAL.pdf

Download (56kB)

Abstract

ABSTRAK FIRYAL AULIA IKBARI. 036116003. Hubungan Antara Multiple Intelligences Dengan Keterampilan Proses Sains Siswa. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah bimbingan Dr. Triasianingrum SU, dan Rita Istiana, S.Si., M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang terdiri atas variabel bebas (X) yaitu multiple intelligences dan variabel terikat (Y) yaitu keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara multiple intelligences dengan keterampilan proses sains, serta untuk mengetahui kekuatan hubungan, bentuk hubungan dan hubungan fungsionalnya.PenelitianinidilaksanakanpadabulanDesember 2019 hingga Agustus 2020. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Cibinong tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah sampel sebanyak 154 responden. Data penelitian dengan instrumen kuisioner dengan skala sikap (rating scale) untuk variabel bebas dan instrumen pilihan ganda untuk variabel terikat. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proposional random sampling. Uji validitas instrumen variabel bebas menggunakan Korelasi Point Biserial dan uji reliabilitas menggunakan rumus Kuder Richardson (KR20). Uji validitas instrument variabel terikat menggunakan Product Moment Pearson dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cornbach. Hasil pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas kolmogorov-smirnov testuntuk Y atas X menunjukan galat baku berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji homogenitas dengan Levene Statistic menunjukan distribusi bersifat homogen. Pengujian hipotess menggunakan uji korelasi dengan Product Momen Pearson dengan SPSS 26. Hasil analisis terdapat hubungan positif antara multiple intelligences dengan keterampilan proses sains, dengan persamaan regresi Ŷ = 27,228 + 0,128x. Koefisien korelasi (r) sebesar 0,409 sedangkan koefisien determinasi (r2) dihitung sebesar 16,7%.. keterampilan proses sains dapat dilihat dari multiple intelligences sedangkan 83,3% terbentuk dari faktor-faktor lain yang turut membentuk keterampilan proses sains siswa. Kata kunci: Multiple Intelligences, Keterampilan Proses Sains

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 30 Aug 2022 05:35
Last Modified: 19 Sep 2022 03:01
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3147

Actions (login required)

View Item View Item