PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS RANGKUMAN CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP PGRI 1 CIBINONG KABUPATEN BOGOR

Risa, Fiona Alde and Nurjaman, Aam and Talitha, Stella (2019) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS RANGKUMAN CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP PGRI 1 CIBINONG KABUPATEN BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PBSI FIONA.pdf

Download (112kB)

Abstract

Fiona Alde Risa: PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS RANGKUMAN CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP PGRI 1 CIBINONG KABUPATEN BOGOR Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model project based learning dalam meningkatkan keterampilan menulis rangkuman cerita pendek pada siswa kelas VII SMP PGRI 1 Cibinong Kabupaten Bogor serta mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dalam keterampilan menulis rangkuman cerita pendek dengan menggunakan model project based learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan pengamatan. Hipotesis pertama yaitu penerapan model project based learning dapat meningkatkan keterampilan menulis rangkuman cerita pendek teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas 56,80 dapat diketahui bahwa keterampilan siswa kurang mampu dalam menulis rangkuman cerita pendek, sedangkan hasil pascates rata-rata nilai kelas eksperimen dalam menulis rangkuman cerita pendek meningkat menjadi 85,22 dengan taraf keterampilan mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh data harga t0 = 3,58 dan db = 62 dengan tt taraf signifikasi 5% sebesar 1,67 serta tt taraf signifikasi 1% 2,39 dan apabila dituliskan menjadi 1,67<3,58>2,39. Hal tersebut menunjukan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu siswa mengalami kendala dalam menulis rangkuman cerita pendek terbukti kebenarannya. Berdasarkan data hasil angket, diketahui bahwa 8 siswa dengan persentase 25% kesulitan dalam menulis rangkuman cerita pendek. Selain itu, 18 siswa dengan persentase 56% kesulitan dalam menentukan langkah-langkah menulis rangkuman dan 23 siswa dengan persentase 72% merasakan kesulitan saat mengadakan perbaikan menulis rangkuman cerita pendek. Kata kunci: Keterampilan menulis rangkuman cerita pendek, model project based learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 30 Aug 2022 05:39
Last Modified: 20 Sep 2022 04:21
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3149

Actions (login required)

View Item View Item