PENGARUH DISIPLIN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV Studi Ini Dengan Pendekatan Kausal Pada Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Ciriung 04 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021

Wulandari, Destia Ayu and Suhendra and Suchyadi, Yudhie (2020) PENGARUH DISIPLIN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV Studi Ini Dengan Pendekatan Kausal Pada Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Ciriung 04 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PGSD DESTIA.pdf

Download (119kB)

Abstract

Destia Ayu Wulandari 037116147. Pengaruh Disiplin Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor.2020.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin terhadap kemandirian belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciriung 04 Kab.Bogor yang berjumlah 73 siswa. Sampel yang diambil 42 siswa yang diperoleh dengan menggunakan instrumentangket untuk kedua variabel. Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas, kemudian dilakukan pengujian homogenitas. Data yang dinyatakan normal dengan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat pengaruh disiplin terhadap kemandirian belajar siswa kelas IV.Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ= 61,06 + 0,23x. Hasil penelitian ini ditunjukan dengan analisis statistikyang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) 0,93. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 86,49%. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana disiplin dengan kemandirian belajar siswa menghasilkan suatu pengaruh yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ= 61,06 + 0,23x yang berarti setiap kenaikan unit disiplin menyebabkan kenaikan kemandirian belajar siswa sebesar 0,23 unit. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara Disiplin dengan Kemandirian Belajar Siswa Kela IV di Sekolah Dasar Negeri Ciriung 04 Kab.Bogor tahun pelajaran 2020/2021. Kata kunci: Disiplin dan Kemandirian Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 30 Aug 2022 05:32
Last Modified: 20 Sep 2022 04:15
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3162

Actions (login required)

View Item View Item