HUBUNGAN INTERAKSISOSIAL DENGAN HASILBELAJAR MATEMATIKA Pendekatan Penelitian Korelasi Pada Peserta DidikKelasIVSekolah Dasar Negri Bintangresmi01 Semester Ganjil Tahun Pelajaran2020/2021

Rihan, Muhamad and Sumardi and Indriyani, Rini Sri (2021) HUBUNGAN INTERAKSISOSIAL DENGAN HASILBELAJAR MATEMATIKA Pendekatan Penelitian Korelasi Pada Peserta DidikKelasIVSekolah Dasar Negri Bintangresmi01 Semester Ganjil Tahun Pelajaran2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2021 PGSD M RIFAN.pdf

Download (84kB)

Abstract

Muhamad Rihan 037116173Hubungan Interaksi Sosial denganHasil Belajar Matematika.Program StudiPendidikanGuruSekolahDasar.Fakultas KeguruandanIlmuPendidikan.UniversitasPakuan2020.Tujuanpenelitian ini untukmengetahui Hubungan Interaksi SosialdenganHasil Belajar Matematika.Populasidalam penelitianiniadalahpeserta didikkelasIV SekolahDasarNegeri01Bintangresmiberjumlah92populasidengan48 yang dijadikan sampel.Teknikpengujian prasyaratanalisisberupa uji normalitas, kemudian dilakukan pengujian homogenitas. Data yang dinyatakan normaldan homogendigunakan untukmengujihipotesisyang hasilnya menunjukan terdapat Hubungan Interaksi Sosial dengan Hasil BelajarMatematika. Teknikanalisisregresikorelasisederhanamenghasilkan suatumodelhubunganyangdinyatakandalambentukpersamaanregresi yaitu Ŷ =55,25 + 0,66X. Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,90%. Sedangkan koefisien korelasisebesar90%.Teknikanalisisregresidan korelasi sederhanaInteraksi Sosial denganHasil BelajarMatematika menghasilkansuatuhubungan yang dinyatakandalambentuk persamaan regresiyaitu Ŷ=55,25 +0,66X.yang berarti setiap kenaikan unitinteraksi sosialmenyebabkan kenaikan hasilbelajarmatematikasebesar0,66 unit. Berdasarkan hasil penelitian di atas,maka dapatdisimpulkan bahwaterdapat hubunganyangpositifantara interaksisosialdengan hasilbelajarmatematika kelasIVdi SekolahDasarNegeri01BintangresmiKabupatenBogor tahun pelajaran 2020/2021. Kata kunci :Interaksi Sosialdan Hasil BelajarMatematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 30 Aug 2022 09:32
Last Modified: 20 Sep 2022 04:52
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3284

Actions (login required)

View Item View Item