PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK Studi Kausal Terhadap Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Beji Timur 2 Depok Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021

Fazriah, Indah Nur and Anwar, Wawan Syahiril and Handayani, Rukmini (2020) PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK Studi Kausal Terhadap Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Beji Timur 2 Depok Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PGSD INDAH NUR.pdf

Download (121kB)

Abstract

Indah Nur Fazriah. 037116002. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Beji Timur 2 Kota Depok Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020-2021. Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif melalui pendekatan Kausal. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Hasil analisis validitas untuk angket kedisiplinan belajar daro 40 butir soal gugur 18, sedangkan analisis validitas untuk angket kemandirian belajar dari 40 butir soal gugur 14. Hasil perhitungan penelitian ini menunjukan nilai rata-rata kedisiplinan belajar berada pada taraf interprestasi yang cukup tinggi dengan nilai 100,9 dan nilai rata-rata kemandirian belajar berada pada taraf interprestasi yang cukup tinggi dengan nilai 92,7. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan teknik analisis regresi linear sederhana dengan Ŷ = 26,10 + 0,268X artinya setiap peningkatan satu unit kedisiplinan belajar maka akan meningkatkan kemandirian belajar peserta didik sebesar 0,268 unit. Pengujian korelasi sederhana menyatakan r = 0,211 yang berarti terdapat pengaruh kedua variabel yang rendah, sedangkan koefisien determinasi (r2 ) sebesar 0,044 yang berarti kedisiplinan belajar berkontribusi 4,4% terhadap kemandirian belajar peserta didik dimana persyaratan uji hipotesis statistik; H0: y = 0 (tidak terdapat pengaruh antara kedisiplinan belajar (X) terhadap kemandirian belajar peserta didik (Y)). Ha : y > 0 ; (terdapat pengaruh positif antara kedisiplinan belajar (X) terhadap kemandirian belajar peserta didik (Y)). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kedisiplinan belajar terhadap kemandirian belajar peserta didik pada kelas IV SDN Beji Timur 2 Kota Depok Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci : Kedisiplinan Belajar, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 30 Aug 2022 09:34
Last Modified: 20 Sep 2022 04:19
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3297

Actions (login required)

View Item View Item