PENGARUH KOMUNIKASI KELOMPOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DALAM MENCAPAI OPTIMALISASI PEMBELAJARAN SECARA DARING MAHASISWA INSTITUT PERTANIAN BOGOR

JUNIALITA, ASTRIA and Muslim, Muslim and Firdaus, Dwi Rini Sovia (2021) PENGARUH KOMUNIKASI KELOMPOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DALAM MENCAPAI OPTIMALISASI PEMBELAJARAN SECARA DARING MAHASISWA INSTITUT PERTANIAN BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
CamScanner 08-30-2022 14.16.pdf

Download (844kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang dihasilkan dari komunikasi kelompok di IPB Bogor terhadap motivasi belajar mahasiswa IPB. Dalam penelitian ini digunakan variabel bebasnya adalah komunikasi kelompok dan variabel terikatnya adalah motivasi belajar. Untuk mengukur variabel komunikasi kelompok, digunakan indikator fungsi hubungan sosial, fungsi pendidikan, fungsi persuasi, fungsi pemecahan masalah dan pembuat keputusan, dan fungsi terapi. Untuk variabel motivasi belajar diukur dengan menggunakan indikator faktor intrinsik yaitu minat, cita-cita, kondisi individu dan faktor ekstrinsik, yaitu kecemasan terhadap hukuman, penghargaan dan pujian, peran orang tua, perang pengajar, dan kondisi lingkungan Penelitian dilaksanakan di Institut Pertanian Bogor Program Sarjana dan Vokasi pada bulan April sampai Mei 2021. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan survey eksplanatif karena meneliti tentang suatu pengaruh. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden diambil dari jumlah 22.744 orang dimana pengambilan sampel secara acak dan yang ditemui cocok sesuai dengan kriteria sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling yaitu Sampling Insidental. Pada penelitian ini menggunakan analisis data berupa analisis regresi sederhana Hasil kuesioner dari setiap indikator komunikasi kelompok dan motivasi belajar dirangkum dalam 30 pernyataan yang mewakili indikator masing-masing. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa komunikasi kelompok memiliki pengaruh cukup besar terhadap tingkat motivasi belajar mahasiswa. Kata Kunci: daring, komunikasi kelompok, mahasiswa, motivasi belajar, optimalisasi pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Manajemen Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 30 Aug 2022 09:35
Last Modified: 30 Aug 2022 09:35
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3328

Actions (login required)

View Item View Item