PERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA TENTANG OPERASI HITUNG CAMPURAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DAN TWO STAY TWO STRAY Studi Eksperimen Quasi di Kelas VA, VB, dan VC Sekolah Dasar Negeri Cileungsi 10 Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019

Tommy, Muhamad and Anwar, Wawan Syahiril and Patras, Yuyun Elizabeth (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA TENTANG OPERASI HITUNG CAMPURAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DAN TWO STAY TWO STRAY Studi Eksperimen Quasi di Kelas VA, VB, dan VC Sekolah Dasar Negeri Cileungsi 10 Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD M. TOMMY.pdf

Download (174kB)

Abstract

Muhammad Tommy. 037112325. Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Matematika tentang Opoerasi Hitung Campuran Melaui Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dan Two Stay Two Stray. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Cileungsi 10 Kabupaten Bogor. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Matematika antara Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray dan Model Pembelajaran Konvensional. Penelitian ini dilakukan di kelas V Sekolah Dasar Negeri Benda Cicucug Sukabumi, pada bulan Mei 2019. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 18 soal, dengan koefisien reliabilitas yang diperoleh sebesar 0,86. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil skor rata-rata N-Gain hasil belajar pada kelas eksperimen 1 melalui model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions sebesar 56,85 dengan kriteria sedang, sedangkan kelas eksperimen 2 melalui model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray sebesar 46,86 dengan kriteria sedang dan kelas kontrol melalui model pembelajaran konvensional memperoleh 34,84 dengan kriteria sedang, dari skor rata-rata N-Gain tersebut model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions lebih besar dari kelas yang menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan Konvensional. Pada uji normalitas dengan uji Lilifors menunjukan bahwa pada kelas eksperimen 1 nilai Lhitung sebesar (0,159) dengan nilai Ltabel Sebesar (0,184), kelas eksprimen 2 nilai Lhitung sebesar (0,133) dengan nilaisebesar Ltabel (0,184), sedangkan kelas kontrol Lhitung sebesar (0,65) nilai Ltabel sebesar (0,184) Sehingga nilai Lhitung Ketiga data lebh kecil dari nilai Ltabel dengan taraf signifikan sebesar α = 0,05 %, sehingga ketiga data tersebut berdistribusi normal. Kemudian pada uji homogenitas dengan uji Barlett didapatkan nilai Fhitung sebesar 0,0047 lebih kecil dari Ftabel yaitu 5,991. Selanjutnya pada uji hipotesis kelas eksperimen 1 dan kelas kontrol thitung sebesar (6,78) lebih besar dari ttabel sebesar (1,99346), kelas eksperimen 2 dan kelas kontrol thitung sebesar (4,34) lebih besar dari ttabel sebesar (1,99346) dan pada kelas eksperimen 1 dan 2 thitung sebesar (2,99) lebih besar dari ttabel sebesar (1,99346) maka dari ketiga data tersebut menunjukkan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions dan Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar mata pelajaran Matematika tentang Operasi Hitung Campuran semester genap di SDN Cileungsi 10 Kabupaten Bogor. Kata kunci : hasil belajar kognitif, model pembelajaran kooperatif stad, model pembelajaran kooperatif tst

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 30 Aug 2022 09:54
Last Modified: 19 Sep 2022 03:18
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3443

Actions (login required)

View Item View Item