PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SITUASI COVID 19 : Survei Ini dengan Pendekatan Penelitian Kausal di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bina Karya Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur Semester Genap tahun Pelajaran 2020/2021

Nurwasi'ah, Wahyuni and Kurnia, Dadang and Santa (2021) PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SITUASI COVID 19 : Survei Ini dengan Pendekatan Penelitian Kausal di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bina Karya Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur Semester Genap tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuni Nurwasi’ah. 037115189. Pengaruh Literasi Digital Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Pada Situasi COVID 2019. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melalui pendekatan kausalitas, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh literasi digital terhadap hasil kemandirian belajar peserta didik pada situasi COVID 2019. Penelitian ini dilakukan Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi Person Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Bina Karya Cipanas Kabupaten Cianjur yang dilakukan semester genap tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 42 peserta didik, yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Penelitian kuantitatif ini dilanjutkan dengan Uji persyaratan analisis data menggunakan uji Normalitas, Homogenitas, dan Linearitas. Nilai rata-rata pada variabel literasi digital sebesar 84,73 dan nilai rata-rata pada variabel kemandirian belajar yaitu sebesar 78,29. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh literasi digital terhadap kemandirian belajar, yang ditunjukkan dengan harga koefisien jalur (pxy) sebesar 0,70. Ini menunjukkan adanya pengaruh literasi digital terhadap kemandirian belajar, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,49 atau sebesar 49%. Hal ini berarti nilai pengaruh literasi digital terhadap kemandirian belajar sebesar 49%, melalui persamaan regresi Ŷ = (10,49 + 0,8X). Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif literasi digital terhadap kemandirian belajar peserta didik pada situasi COVID 2019 Kata kunci : Literasi Digital, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 30 Aug 2022 09:57
Last Modified: 19 Sep 2022 03:21
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3470

Actions (login required)

View Item View Item